Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus dan Mengatasi Kontak HP Android yang Duplikat

    Kontak duplikat mungkin bukan masalah besar bagi sebagian orang, tetapi terkadang kontak yang duplikat bisa mempersulit seseorang loh. Contoh nya saat dia menggunakan aplikasi yang berkaitan dengan kontak. Sebut saja Whatsapp. Ketika kita ingin mengirim pesan ke seseorang dengan nomor yang terbaru, ternyata kita salah mengirim ke nomor lama, tentu itu adalah masalah.

    Kami akan menunjukkan kepada kalian cara menghapus kontak duplikat di HP Android. Tidak ada cara simple yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi kontak duplikat ini, tetapi itu tidak terlalu sulit kok.


    Dari Aplikasi Kontak Bawaan di Android

    Langkah pertama untuk memulai adalah aplikasi Kontak di Android. Jelas ini dapat bervariasi tergantung pada apa yang bawaan HP berikan untuk mengatur dan mengelola Kontak, tetapi pada stok Android, kalian dapat mengetuk nama, lalu tiga titik, dan kemudian menekan hapus. Atau ada juga, beberapa versi mengizinkan opsi ini melalui ikon edit (simbol pena), dan kemudian tempat sampah untuk menghapus.

    Menautkan kontak di Android 8.1 Oreo

    Mungkin kalian memiliki dua entri kontak untuk orang yang sama (satu dengan alamat email dan satu dengan nomor ponsel misalnya). Untuk menemukan dan menggabungkannya, cukup buka aplikasi kontak kalian, ketuk tombol menu (biasanya tiga garis vertikal atau tiga titik) dan buka Saran. Dari sana kalian dapat menggunakan opsi Bersihkan duplikat, yang memungkinkan kalian menggabungkan kontak satu per satu atau menggabungkan semua yang disarankan. Jika kalian tidak melihat opsi Bersihkan duplikat, kalian tidak memiliki kontak yang perlu ditautkan. Ingatlah bahwa kalian tidak akan dapat menggabungkan kontak yang disimpan ke akun Google yang berbeda.

    Jika kalian lebih suka menggabungkan kontak secara manual atau kalian ingin memastikan sistem tidak keliru menautkan kontak yang berbeda, kalian dapat melakukannya dengan mengakses lagi aplikasi Kontak kalian, mengetuk Lainnya (tiga titik), lalu Pilih dan gabungkan kontak pilihan kalian .

    Sebagian besar versi Android (Samsung Experience, EMUI, Sense, dan sebagainya), memiliki fitur serupa atau alat lain untuk mengenali dan menghapus kontak. Pada ponsel Samsung, misalnya, cari ikon tautan di sebelah Tersambung melalui label pada halaman kontak untuk menghubungkan dua kartu kontak secara bersamaan. Di HTC, di sisi lain, kalian cukup mengetuk Lainnya lalu Kelola kontak untuk mengakses berbagai opsi.

    Menggunakan aplikasi khusus

    Ada sejumlah aplikasi di playstore yang memungkinkan kalian mengelola kontak dengan lebih mudah di Android, jadi pilihlah, tetapi salah satu yang terbaik yang kami temui disebut Simpler Merge Duplicates.

    Yang perlu kalian lakukan hanyalah menjalankan aplikasi Simpler Merge Duplicates dan aplikasi akan menjelajahi kontak telepon kalian dan membuat daftar kontak yang duplikat (berdasarkan detail dan nama). kalian kemudian memiliki opsi untuk meninjaunya dan memilih yang ingin kalian lakukan sebelum mengonfirmasi.

    Instal di Google Play

    Banyak perusahaan ingin mengambil kendali penuh atas kontak kalian, menyinkronkan detail dari berbagai layanan berbeda (termasuk Google) dan termasuk penghapusan duplikat sebagai salah satu fitur. Ambil Gabung + misalnya, yang merupakan bagian dari layanan Kontak + yang lebih besar untuk mengelola buku alamat kalian.

    Namun, banyak aplikasi pihak ketiga memerlukan izin ekstensif untuk membersihkan kontak kalian, termasuk kredensial akun Google. Berhati-hatilah dengan aplikasi mana yang kalian pilih atau hindari menggunakannya secara bersamaan, jika kalian adalah orang yang paham dengan privasi.


    Bagaimana kalian mengatur kontak kalian? Apakah kalian memiliki aplikasi atau metode lain yang lebih baik? Beri tahu kami di komentar!