Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan Untuk Calon Ketua Osis dan Organisasi Lainnya

    Berikut ini adalah beberapa pertanyaan tersulit tentang pemilihan ketua osis, yang bisa kamu jadikan referensi untuk wawancara calon ketua osis.

    Pertanyaan untuk Ketua OSIS

    Menurut wikipedia, Organisasi Siswa Intra Sekolah (disebut OSIS) adalah Pusat Kegiatan Pembinaan Kesiswaan disekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi Siswa. Dalam suatu Osis, terdapat ketua dan wakil ketua, serta para pengurusnya. Pemilihan ketua kadang juga melalui proses wawancara atau pers, dengan menjawab beberapa pertanyaan.

    Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan untuk mengetahui bagaimana calon ketua OSIS tersebut dalam memimpin organisasi. Pertanyaan berikut bisa kamu jadikan referensi untuk mengukur pengalaman orang tersebut untuk memimpin suatu organisasi.

    7 Pertanyaan Menjebak Untuk Calon Ketua Osis

    1. Apa definisi dari organisasi dan seberapa pentingkah organisasi itu?

    Pertanyaan ini akan membuat kamu mengetahui bagaimana cara calon ketua memandang sebuah organisasi dan mengetahui  pula seberapa pentingkan kepentingan dari organisasi. Ini akan membuat kamu mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan calon ketua, apakah dia tipe pemimpin yang otoriter atau yang lainnya.

     

    2. Hal apa yang ingin  kamu lakukan untuk sekolah ini? Sebutkan satu hal  saja!

    Pertanyaan ini sebenarnya akan membuat kamu mengetahui hal apa yang akan calon OSIS lakukan untuk sekolah dan tentu hal tersebut merupakan hal penting. Dari sana kamu bisa mengukur, apakah hal tersebut benar-benar penting atau tidak.

     

    Dengar kan pula alasan mengapa dia memilih melakukan hal tersebut untuk tersebut. Dengan begitu, sedikit banyak nya kamu akan mengetahui apakah calon ketua OSIS tersebut menyiapkan segala hal dengan matang atau tidak.

     

    3. Apa alasanmu ingin jadi ketua OSIS?

    Ini tentu akan membuat kamu mengetahui visi dari calon ketua OSIS secara tidak langsung, dengan begitu kamu memiliki pandangan dan dapat membayangkan hal apa yang akan calon OSIS lakukan ke depannya untuk mendukung potensi maupun kemampuan siswa serta sekolah.

     

    4. Seberapa penting jabatan ini bagimu?

    Pertanyaan ini akan memberitahumu mengenai pandangan calon ketua OSIS kepada jabatan tersebut. Apakah jabatan ini hanya obsesi saja? Apakah calon ketua OSIS memandang jabatan sebagai alat untuk memajukan sekolah? Atau  hal lainnya?

     

    5. Apa yang menjadikanmu layak menjadi  seorang ketua OSIS!

    Pertanyaan ini akan menunjukan seberapa percaya diri dari calon ketua OSIS tersebut. Selain itu, kamu pun dapat menggali informasi mengenai  seberapa besar dia mengetahui mengenai jabatan ini.

     

    6. Apa visi dan misi Kamu nantinya?

    Pertanyaan ini cukup umum, ditanyakan kepada calon ketua OSIS. Namun, bukan tanpa alasan pertanyaan ini menjadi pertanyaan umum dalam setiap seleksi ketua OSIS. Hal ini dikarenakan visi misi yang dipegang akan sangat mempengaruhi  kepemimpinan maupun program kerja, maka ini sangat penting untuk  ditanyakan.

     

    7. Jika berada dalam dua pilihan, kamu akan mempertahankan anggota OSIS atau langsung mengeluarkannya, apabila dia merusak nama baik OSIS?

    Pertanyaan ini secara tidak langsung akan memberikan informasi kepadamu mengenai cara calon ketua OSIS dalam memimpin dan memecahkan suatu permasalahan yang ada dalam wadah atau organisasi yang dipimpinnya.

     

    Itulah beberapa pertanyaan menjebak dan tersulit untuk calon ketua osis, maupun organisasi lainnya yang bisa kalian jadikan referensi untuk pertanyaan wawancara atau pers, maupun format pertanyaan lainnya.