Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Internet Bekerja? - Penjelasan Simple Cara Kerja Internet

Kebanyakan orang tahu cara mengakses dan menggunakan internet, baik dari ponsel di kantor maupun WiFi di rumah. Tapi apakah internet itu? Bagaimana sebenarnya internet bekerja?

Tidak diragukan lagi, jika kalian membaca artikel ini, kalian sudah tidak asing lagi dengan internet. Tapi pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana semuanya bekerja? Pada artikel ini, kita akan bahas secara sederhana tentang cara kerja internet.

Pertama, Beberapa Dasar Jaringan

Sebelum kita memahami bagaimana foto-foto itu masuk ke ponsel kita, kita perlu memahami jaringan itu terbuat dari apa sih.

Jaringan adalah kelompok perangkat yang saling berhubungan. Perangkat apa pun yang terhubung ke jaringan dikenal sebagai "node". Sebagian besar jaringan modern berisi node berikut:

  • Network Interface Card / Adaptor Jaringan
  • Switches
  • Router
  • Wireless Access Points


1. Network Interface Card

Juga dikenal sebagai Adaptor Jaringan, adalah perangkat keras yang dipasang di komputer, seperti laptop atau PC kalian. Meskipun bukan node itu sendiri, adaptor jaringan memberikan akses komputer dan perangkat elektronik untuk bergabung dengan jaringan sebagai node.


2. Switches

Switches jaringan adalah node pusat yang meneruskan pesan antar node dalam jaringan yang sama dengan membuat dan menghapus titik koneksi dengan cepat. kalian dapat menganggap mereka sebagai pengelola jaringan, menjaga arus informasi antara perangkat dalam jaringan, baik nirkabel maupun berkabel.


3. Router

Router jaringan adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan terpisah. Router meneruskan data ke router lain dari jaringan yang berbeda hingga data mencapai tujuannya.


4. Wireless Access Points

WAP memungkinkan komputer dan node terdekat untuk berinteraksi dengan jaringan secara nirkabel, biasanya melalui WiFi. Mereka adalah node yang menyediakan kemampuan nirkabel ke jaringan kabel.

Beberapa WAP dapat disambungkan untuk memperluas jangkauan kemampuan nirkabel jaringan, seperti di gedung besar. Namun, WAP bukanlah komponen jaringan yang diperlukan, karena jaringan dapat tetap terpasang sepenuhnya.


Kelahiran Internet

Asal mula internet dimulai pada akhir 1960-an dan awal 1970-an dari teknologi jaringan baru yang dibuat oleh Departemen Pertahanan AS. Itu dikenal sebagai Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET).

Tujuannya adalah untuk menghubungkan berbagai ilmuwan dan peneliti Departemen Pertahanan di seluruh Amerika Serikat yang mengerjakan proyek-proyek pertahanan. Peneliti memasukkan ARPANET ke dalam jaringan tempat mereka bekerja termasuk universitas. Dengan semakin banyaknya jaringan yang bergabung dengan sistem, internet mulai terbentuk.


Jadi, Apa Itu Internet?

Dalam istilah dasar, internet adalah kumpulan jaringan global yang saling berhubungan yang berkomunikasi menggunakan protokol internet (tunggu, bagaimana cara kerja protokol?). kalian dapat menganggapnya sebagai jaringan jaringan di mana setiap jaringan adalah node.

Namun, perangkat dan teknologi baru telah menciptakan cara baru untuk terhubung ke jaringan melalui internet. Kombinasi keduanya sering digunakan untuk membuat koneksi.


1. Internet Berkabel

Ini adalah bentuk koneksi paling umum ke internet. Ratusan ribu mil kabel dipasang di seluruh dunia. Mulai dari saluran telepon (DSL) hingga kabel serat optik.

Data dapat bergerak hingga 70 persen kecepatan cahaya melalui media kawat ideal seperti kabel serat optik, yang memungkinkan transfer data sangat cepat.

Banyak dari kabel ini diletakkan di bawah tanah atau di bawah air untuk mencegah kerusakan. Di darat, selain berada di bawah tanah, mereka juga ditempatkan dengan jalur utilitas yang melintasi jalan raya.

Single line dapat menjangkau ribuan mil, seperti kabel komunikasi transatlantik bawah air yang menghubungkan berbagai bagian AS dan Kanada ke Eropa. Ini adalah cara ideal dan tercepat untuk mengakses internet.


2. Internet satelit

Orang-orang yang memiliki antena parabola di atap mereka terhubung ke internet melalui satelit. Ini biasanya diperlukan ketika tidak ada koneksi kabel yang tersedia di area lokal untuk terhubung ke internet.

Meskipun satelit relatif cepat, itu masih sedikit lebih lambat daripada koneksi kabel karena jarak transmisi yang lebih jauh. 


3. Internet Seluler

Sebuah ponsel bisa terhubung karena menggunakan menara seluler, yang kemudian terhubung ke kabel fisik dan ke seluruh internet.

Dalam arti tertentu, menara seluler seperti Titik Akses Nirkabel yang sangat luas, tapi itu cuma khusu untuk ponsel atau perangkat yang mendukung data. Ponsel juga dapat bertindak sebagai router nirkabel menggunakan hotspot seluler, di mana laptop atau perangkat serupa dapat terhubung menggunakan WiFi untuk mengakses internet.


Bagaimana Cara Kerja Internet?

Saat kalian membuka email, aplikasi email kalian mengirimkan permintaan ke penyedia email kalian (misalnya, Gmail) melalui Network Interface Card, kemudian laptop kalian terhubung ke WAP menggunakan WiFi lokal kalian. WAP kemudian mengirimkan permintaan melalui kabel ke router lokal.

Router lokal mengambil permintaan itu dan mengirimkannya ke router lain, yang kemudian dikirim ke router lain, dan router lain, melalui rantai router sampai data ditransfer melalui salah satu kabel komunikasi transatlantik ke Amerika Serikat.

Di sana, itu berakhir di pusat data Google (karena kalian menggunakan Gmail). Google kemudian memproses permintaan kalian untuk mendapatkan email baru yang masuk sejak terakhir kali kalian memuat email. Mereka mengemas email baru kalian yang belum dibaca dalam paket digital yang disebut "respons", dan mengirim paket itu kembali ke alamat yang sama (laptop kalian) yang meminta refresh email. Responsnya mungkin mengambil rute yang berbeda dalam perjalanan pulang, tetapi melalui mekanisme yang sama.

Data ditransfer dari pusat data Google melalui beberapa jalur dan mencapai router / modem rumah kalian, yang membuat data tersedia melalui WiFi rumah kalian. Network Interface Card dari laptop kalian menerima tanggapan, mengirimkannya ke aplikasi email kalian, dan akhirnya email baru kalian masuk dan tampil di laptop kalian!

Dan itu semua terjadi dalam sekejap mata. Luar biasa sekali ya cara kerja internet. Jadi, pada saat seseorang bertanya, "apa itu internet" atau "bagaimana cara kerja internet?" semoga kalian dapat menggunakan penjelasan sederhana ini untuk membantu mereka memahami bagaimana sebenarnya teknologi yang sangat penting bagi kehidupan modern kita ini bekerja.