Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis dan Tipe Jaringan Komputer - LAN, MAN, dan WAN

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung melalui suatu media transmisi seperti kabel, kawat dll. Dalam panduan ini, kita akan membahas jenis-jenis jaringan komputer secara mendetail.

Jenis Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer
Jenis Jaringan Komputer

Ada tiga jenis jaringan komputer berdasarkan skalanya:

1. Local Area Network (LAN)

2. Metropolitan Area Network (MAN)

3. Wide Area Network (WAN)


1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN)

1. LAN adalah sekumpulan komputer yang terhubung satu sama lain di tempat-tempat kecil seperti sekolah, rumah sakit, apartemen, dll.

2. LAN aman karena tidak ada koneksi luar dengan jaringan area lokal sehingga data yang dibagikan aman di jaringan area lokal dan tidak dapat diakses di luar.

3. LAN karena ukurannya yang kecil jauh lebih cepat, kecepatannya dapat mencapai hingga 100Mbps.

4. LAN tidak terbatas pada koneksi kabel, ada evolusi baru pada LAN yang memungkinkan Local Area Network bekerja pada koneksi nirkabel.


2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN)


Jaringan MAN mencakup area yang lebih luas dibandingkan koneksi LAN ke jaringan komputer yang lebih besar. Dalam MAN ini, berbagai jaringan area lokal terhubung satu sama lain melalui saluran telepon. Ukuran Metropolitan Area Network lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari WAN (Wide Area Network), MAN mencakup area yang lebih luas dari sebuah kota.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN)


WAN menyediakan transmisi data jarak jauh. Ukuran WAN lebih besar dari LAN dan MAN. WAN dapat mencakup negara, benua, atau bahkan seluruh dunia. Koneksi internet yang biasa kita gunakan adalah contoh dari WAN. Contoh lain dari WAN adalah koneksi broadband seluler seperti 3G, 4G, dll.


Keuntungan dari WAN:

Salah satu keuntungan utama WAN adalah kita tidak perlu memelihara cadangan dan menyimpan data di sistem lokal karena semuanya disimpan secara online di pusat data, yang mana kita dapat mengakses data melalui WAN.

Kita dapat mengatur WAN sedemikian rupa sehingga mengenkripsi data yang kita bagikan secara online sehingga data tersebut aman dan meminimalkan risiko akses yang tidak sah.

Dengan WAN kita dapat memilih bandwidth berdasarkan kebutuhan, organisasi besar dapat memiliki bandwidth yang lebih besar yang dapat mentransfer data dalam jumlah besar dengan lebih cepat dan efisien.

Sebuah WAN dapat mencakup area yang luas atau bahkan seluruh dunia melalui koneksi internet sehingga kita dapat terhubung dengan orang di negara lain melalui WAN yang mana hal ini tidak bisa dilakukan oleh jaringan jenis lain.


Kekurangan WAN:

Karena sistem kita terhubung dengan sejumlah sistem yang besar, ada kemungkinan bahwa kita tanpa sadar mengunduh virus yang dapat membahayakan sistem kita dan menjadi ancaman bagi privasi kita dan dapat menyebabkan hilangnya data.

Biaya pemasangan yang sangat mahal juga menjadi kekurangn dari WAN.

Penyelesaian masalah apabila terjadi error membutuhkan waktu, karena WAN mencakup area yang luas, sangat sulit untuk menunjukkan lokasi yang tepat di mana masalah muncul dan menyebabkan error.


Hubungan Jaringan LAN, MAN, dan WAN:

Kita telah membaca LAN, MAN dan WAN di atas, kita juga membahas tentang internet. Bisa dibilang internet adalah kombinasi dari LAN, MAN dan WAN.


Sumber : https://beginnersbook.com/2019/03/types-of-computer-network-lan-man-and-wan/