Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ubah DPI HP Android Tanpa Root Tanpa Opsi Pengembang

    Pernahkah kalian berfikir untuk mengubah DPI ponsel Android kalian? Nah, beberapa orang selalu ingin mengubah DPI ponsel Android mereka baik Xiaomi, Samsung, atau yang lainnya. 

    Sayangnya untuk HP dengan tipe android 7 ke bawah, belum ada pengaturan ubah DPI di opsi pengembangnya. Sedangkan untuk android 8 ke atas, sudah memiiki pengaturan DPI di opsi pengembang sehingga memudahkan merubah DPI tanpa ROOT. Tenang saja di artikel ku ini, kita akan membahas cara merubah DPI android 7 kebawah tanpa Opsi Pengembang dan tanpa ROOT.

    Keuntungan merubah DPI diantaranya membuat tampilan lebih lebar, dan jika kalian bermain game misalnya Free Fire, akan menambah kelicinan atau sensitivitas-nya, sehingga memudahkan kalian untuk headshot. Jadi jika kalian ingin mengubah DPI ponsel Android tanpa root ikuti panduan sederhana di bawah ini.

    Cara yang akan aku jelaskan di sini membutuhkan sebuah perangkat PC ya, jadi jika kalian tidak punya PC, bisa pinjam terlebih dahulu pada temen kalian, atau bisa ke Warnet sebentar. Karena cara nya cukup singkat, hanya perlu waktu 5 menit (jika tedak mengalami kendala).

    Cara Ubah DPI ponsel Android tanpa Root:

    Simak tutorialnya dengan seksama ya, jika kalian ragu kalian bisa meminta temen kalian yang sekiranya mahir mengutak-atik HP, dan jangan ragu untuk bertanya di komentar.

    Pertama-tama, kalian harus menginstal ADB pada PC kalian. Cara terbaik untuk menginstallnya adalah dengan menggunakan "ADB.installer". Download di sini. Di sana memiliki semua instruksi tentang cara memasang ADB.

    Sekarang Aktifkan USB debugging di ponsel kalian ; Pengaturan-> Pilih Tentang Telepon -> Temukan "nomor Build" atau "nomor bentukan" atau "Versi MIUI", dan klik-klik sekitar 7 kali, sampai keluar tuliasan "Sekarang anda adalah seorang pengembang/developer". Kembali ke halaman pengaturan dan cari Opsi Pengembang -> Aktifkan debugging USB.

    Aku rekomendasikan juga mengaktifkan Debugging USB(setelan keamanan), jadi ada 2 USB debugging yang kalian aktifkan.

    Jika muncul peringatan seperti pada gambar atau semacamnya, Klik Terima saja. Lalu hubungkan HP dengan PC menggunakan kebel data (kabel USB).

    Sekarang hubungkan telepon kalian ke PC. Jika kalian mendapatkan notifikasi. Klik OK untuk mengizinkan USB debugging untuk komputer itu.

    Sekarang buka command prompt di folder ADB tool. Caranya : Shift + Klik kanan di folder dan kemudian klik "Open Command Prompt".

    Sekarang kalian harus memeriksa apakah perangkat kalian terhubung dan ADB dapat mendeteksinya. untuk memeriksanya, masukkan kode berikut di command prompt.

    adb devices

    Jika kalian melihat baris huruf acak pada command prompt, berarti ponsel kalian terhubung. Jika tidak ada pembaruan pada prompt perintah. maka ada masalah dengan koneksi tersebut. Mungkin ponsel kalian tidak terhubung dengan benar. Atau drivernya hilang dari PC kalian. Atau mungkin USB debugging tidak diaktifkan di ponsel kalian.

    Sekarang jika perangkat kalian terdeteksi. Lanjutkan dan ubah DPI menggunakan perintah berikut. Pada kode berikut, aku mengubah DPI menjadi 560. Ubah nilai DPI sesuai keinginan kalian.

    adb shell wm density 560 && adb reboot

    Sekarang ponsel kalian akan reboot.

    Catatan: Jika ingin mengembalikan nilai DPI bawaan, maka lakukan perintah yang sama, dengan memasukan nilai DPI bawaan HP kalian. Sebaiknya sebelum melakukan perubahan DPI catat dulu berapa DPI bawaan HP kalian.

    adb shell wm density 360 && adb reboot

    Contoh perubahan tampilan setelah ubah DPI

    Selamat, DPI kalian sudah berhasil dirubah, jika ada pertanyaan bisa tinggalkan pesan di kolom komentar.