Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pindah Kunci Gitar dengan Cepat Untuk Pemula

    Gimana sih rahasia belajar pindah kunci gitar agar lancar dan tidak sulit dalam bermain gitar?

    Temen-temen yang pengin memulai belajar gitar, tapi belum lancar dalam berpindah antara chord satu ke chord lain? yuk ikuti tips / Cara Pindah Kunci Gitar dengan Cepat versi nadagitar.net

    cara pindah kunci gitar dengan cepat

    Pasti temen-temen kadang kesal ya, kok jarinya kaku, ga mau sinkron. Ya, itu memang wajar ketika kita baru belajar bermain gitar. Di bawah ini ada 4 poin penting yang semoga bisa mempermudah temen-temen dalam belajar berpindah kunci gitar dengan cepat.

    1. Asal Pindah

    Jika kalian, terpaku pada posisi jari, dan bunyi yang jernih, maka kalian akan lama untuk berpindah dengan lancar. Jadi, lebih baik kita asal pindah aja, tapi bentuk atau posisi jari kita membentuk chord tersebut.

    Walaupun saat kita genjreng / struming suaranya mati / ga ada, ga papa temen-temen. Nanti, lama kelamaan jari kita bisa menekan senar dengan lebih kuat, dan bunyi yang di hasilkan tidak mati.


    2. Berlatih dengan chord yang mirip

    Untuk awalan, sebaiknya berpindah 2 - 3 chord secara rutin dulu. Misal, Pindah dari Chord Am ke E (Bentuknya sama, hanya beda posisi), atau C ke F. Jari / pick tangan kanan menggenjreng senar, sambil jari tangan kiri berpindah dari Am ke E ke Am lagi, dan terus sampai lancar dan bunyi yang dihasilkan jernih / tidak mati. Setelah lancar barulah mengganti chord yang lain yang lebih susah atau chord variasi.

    3. Latihan Rutin

    Seperti belajar hal lainya, jam terbang itu penting. Sering-seringlah berlatih minimal 60 menit / hari. Berlatihlah saat temen-temen sedang santai, dan lingkungan sekitar mendukung. Cari tempat yang sunyi dan sepi.

    Konsentrasi juga penting, karena bermain gitar juga perlu konsentrasi untuk memindahkan jari-jemari kita.

    4. Istirahat

    Ujung jari sakit, pangkal jari juga pegel, capek, merupakan tanda / sinyal bahwa kita memang disuruh berhenti dan istirahat. Jangan sampai kita memaksakan diri belajar terus menerus, tanpa memikirkan fisik kita. Kan masih ada hari berikutnya untuk kita bisa berlatih kembali.

    Bukan hanya fisik yang kelelahan saat temen-temen memaksakan terus belajar, tapi psikis juga akan terkena dampaknya, baik stress, pusing, bahkan frustasi. Jadi buatlah belajar gitar temen-temen menjadi santai tanpa tertekan.


    Ok, mungkin itu sih, tips bagaimana Cara Pindah Kunci Gitar dengan Cepat. Bila ada salah kata atau kalimat, saya minta maaf dan minta koreksinya, Terimakasih.