Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Kunci Gantung Gitar Dan Gambarnya Untuk Pemula

    Kali ini kita akan belajar kunci gantung atau balok lengkap dan komplit beserta gambarnya.

    Chord Gantung/Bar, Akor Gantung/Bar, atau yang biasa kalian sebut Kunci Gantung Gitar. Ya, setelah kemarin kita belajar Chord dasar, kini kita tambah Chord lagi nih. Yuk sama-sama belajar Chord Gantung.

    belajar kunci gantung gitar untuk pemula

    Apa sih bedanya Chord biasa/dasar dengan Chord Gantung?. Bunyi / Suara yang dihasilkan tentunya sama, cuma letak / posisi kita dalam menekan senar yang berbeda. Secara singkat sih begitu, kalo di jelaskan terlalu rinci pusing nanti.

    Kenapa harus Chord Gantung?. Kelebihan dari Chord gantung, menurut saya sih, kita jadi bisa menaikan atau menurunkan nada dasar / kunci lagu tersebut. Dengan Chord Gantung juga, kita bisa menghasilkan Chord # atau Chord naik ½ nada. Kalo bingung, langsung saja mulai

    Belajar Kunci Gantung Gitar Pemula


    Penting : Sebelum belajar Chord Gantung, Kalian harus tau nada pada tiap fret di senar 6 dan 5.


    Senar 6 atau senar paling atas nada yang dihasilkan pada tiap fret adalah huruf yang hijau, dan senar 5 adalah huruf yang kuning. Misal saat jari telunjuk menekan senar 6 fret 1 maka nada yang dihasilkan di senar 6 adalah F.

    Bentuk akor gantung Mayor ada 2, dan minor juga ada 2. Tapi bunyibunyi dihasilkan antara bentuk 1 dan 2 sama
    A = Jari telunjuk
    B = Jari tengah
    C = Jari manis
    D = Jari kelingking
    Contoh : G atau G Mayor
    Bentuk 1 (fret3)

    Bentuk 2 (fret10)

    Contoh : Gm / G minor
    Bentuk 1 (fret3)

    Bentuk 2 (fret10)


    Untuk Chord lainya, bisa disesuaikan posisi jari telunjuk berada pada fret board nomor berapa. Jika kalian memperhatikan, bentuk 1 pada Akor gantung Mayor/Minor sama dengan Akor dasar E Mayor/E Minor, namun ada jari telunjuk yang menekan fret di belakangnya. Dan bentuk 2 pada Akor gantung Mayor/Minor sama dengan Akor dasar A Mayor/Minor, namun ada jari telunjuk yang menekan fret di belakangnya.

    Semoga saya ngetik panjang begini, kalian paham ya.. Demikian artikel seputar Chord Gantung. Bila ada kesalahan, atau mungkin belum paham harap dimaafkan, saya memang dasarnya bukan seorang pengajar. Terimakasih :)