Tips Memilih Gitar Akustik Yang Bagus Untuk Pemula

Berikut adalah tips memilih gitar akustik yang bagus dan berkualitas, agar dapat gitar yang terbaik.

Halo temen-temen, ini adalah artikel pertama saya yang saya buat di Blog ini. Jadi, Blog ini kedepannya akan memberikan informasi-informasi mengenai seputaran gitar.

tips memilih gitar akustik yang bagus

Ok, sesuai judul artikel ya temen-temen. Gimana sih cara memilih gitar akustik yang bagus atau baik. Dimana biasanya bagi orang awam yang ingin memulai belajar gitar kebingungan memilih gitar saat berada di toko gitar. Tips-tips sederhana berikut bisa kalian aplikasikan saat kalian membeli gitar, dengan harapan tidak salah pilih gitar, dan menyesal di kemudian hari. Tips ini saya dapet dari jawaban master-master di grup Facebook IFGC, lalu saya rangkum di Tips Memilih Gitar Akustik.

1. Gitar Bermerek

Apa sih pentingnya merek pada gitar?. Gitar dengan merek yang sudah tidak asing/ternama di telinga kita, seperti Yamaha, Cort, Taylor, Fender, Cowboy, dan lainya. Gitar yang memiliki merk ternama dibuat dengan perhitungan yang presisi pada tiap bagian gitarnya, jadi suara yang dihasilkan pastinya Ok, dan tidak buzzing. Jadi, jarang banget ada gitar yang misal, panjang salah satu fretnya kepanjangan, maupun kependekan.

2. Hati-hati Gitar KW

Banyak sekali gitar KW yang menggunakan nama-nama merk yang saya sebutkan di atas. Niatnya mau membeli gitar yang bagus dengan harga jutaan, eh malah dapet yang KW, kan nyesek ya teman :(. Terus gimana cara bedain gitar Original atau KW?. Gitar produksi seperti misalnya Yamaha yang Ori biasanya terdapat nomor seri gitarnya di bagian dalam tabung gitarnya(Akustik). Kalo masih ragu, bisa tanya-tanya ke temen yang pengalaman tentang harga gitar, karena seperti barang lainya, barang KW pasti memiliki harga yang jauh di bawah harga barang yang original.

3. Sesuaikan Dengan Budget



Ini nih yang paling penting. Jika kalian mencari gitar dengan harga di bawah 1 jutaan, saran saya sebaiknya beli gitar ori tapi dengan tipe yang harganya murah atau second. misal Yamaha Klasik C-315 dan Yamaha Akustik F-310, harganya masih di bawah 1 juta. Tapi kalo kalian beruntung, gitar KW ataupun custom kadang ada yang bagus juga, baik dari segi bahan, suara, dan harga yang pastinya murah.

4. Bentuk dan Model



Barulah kita melihat kebentuk dan model gitar nih. Kalo ini sih sesuai selera kalian ya temen-temen. Mau bentuknya kayak gimana, warna apa, itu sesuai selera kalian. Tapi gitar dengan ukuran dan bentuk tabung/body lebih besar, akan menghasilkan suara yang lebih bulat dan nyaring tentunya. Gitar akustik sendiri, ada 2 model/tipe ya temen-temen, ada yang steel string, ada yang nylon string (klasik). Keduanya memiliki suara, dan rasa yang berbeda ketika dimainkan, kalian bisa pilih-pilih sendiri.

5. Kenyamanan



Tips yang terakhir yaitu nyaman apa tidaknya memainkan gitar tersebut. Pas nyoba satu-satu tuh di toko gitar, coba deh satukan jiwa kalian dengan gitar (wkwkwk). Jadi, biarpun itu gitar mahal, merk ternama, tapi di rasa kalian tidak nyaman saat memainkannya, ya mungkin gitar itu kurang cocok dengan kalian. Jadi intinya cari jodoh yang cocok, eh gitar yang cocok :v

Ok jadi itulah ke-5 Tips Memilih Gitar Akustik buat pemula seperti saya ini. Semoga kalian yang lagi cari gitar bisa nemu gitar yang pas, yang bagus, yang cocok tentunya, dan kalian bisa belajar gitar dengan lancar. Jangan lupa kunjungi terus Blog ini biar kalian tambah tahu info-info seputar gitar dan bermain gitar.

Comments

  1. Ditunggu lagi info menarik lainnya, kunjungi website kami juga yaa, di https://joebillyguitars.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Niken Swastika :) telah berkunjung di NadaGitar : Tips Memilih Gitar Akustik. Ikuti NadaGitar.net terus ya :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G

Chord Gitar Iwan Fals - Bento Kunci C, G, dan Em (Mudah)