Merekam Suara Gitar dengan Jernih Menggunakan HP Android

Halo temen-temen, gimana belajar gitarnya? lancar ya.. Jika kalian yang ingin merekam suara gitar kalian atau video kalian saat bermain gitar hanya bermodalkan HP, tapi hasil suara yang dihasilkan kurang maksimal, waaaah, kalian coba deh tips-tips berikut ini. Jadi, tips berikut ini kalian gagakan keluar duit sepeserpun, karena kita tidak perlu peralatan seperti berbagai macam jenis mic yang harganya puluhan bahkan ratusan ribu. Tapi, jika dibandingkan kualitasnya dengan yang bermodalkan mic-mic tertentu mungkin kualitas suara akan kalah, tapi paling tidak tips berikut bisa sedikit memperbaiki kualitas suara yang kurang baik. Inilah Tips

Merekam Suara Gitar dengan Jernih menggunakan HP. 





1. Mengeraskan Suara


Buat temen-temen yang merekam suara atau video gitarnya kurang kenceng, kalian tahu tidak di mana letak mic pada HP? ya, buasanya di sebelah bawah kiri atau tengah. Jika kita akan merekam suara gitar kita bisa meletakan HP kita dekat dengan lubang gitar, bagaimana dengan merekam video? yang mana HP kita harus sedikit mundur menjauhi gitar.


Kita bisa menggunakan mic pada kabel headset/earphone. Saya merekomendasikan menggunakan aplikasi Open Camera,
karena terdapat pengaturan mic yang digunakan saat merekam. Yaitu pada menu settings>video settings>audio source>external mic.


lalu, meletakan mic dekat, atau menempelkannya pada body di dekat lubang gitar, atau bahkan memasukannya ke dalam lubang pada body gitar. Tapi, biasanya bila kalian memasukannya ke dalam body gitar, suara senar bass yang ditangkap akan menggeber atau rusak bila diletik terlalu keras.
Jika dengan cara di atas kurang puas, kalian bisa mencoba aplikasi android bernama EZ Voice kalian bisa mendownloadnya di Google Playstore.


Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang sangat saya rekomendasikan untuk merekam suara, baik itu suara vokal ataupun alat musik. fitur pengeras atau menaikan level inputan suara sangat berguna agar suara yang ditangkap di HP menjadi maksimal dan keras. Caranya,


pertama buka aplikasi EZ Voice, lalu klik icon titik tiga di sebelah kanan atas.


Lalu pilih Settings.


Atur level in, naikan sedikit, jangan terlalu banyak agar suara tidak nggeber atau rusak. Lalu kembali, dan mulailah merekam kembali, dengarkan perbedaanya.


Ev Voice ini juga punya beberapa efek suara yang ajib, tapi tidak gratis ya temen-temen, cuma efek reverb saja yang gratis. reverb adalah efek suara seperti di dalam ruangan.

2. Mengurangi Noise

Kalau kita merekam suara pasti selalu ada noise/kebisingan suara luar yang ikut masuk. Tips yang paling ampuh sih menurut saya cari tempat yang benar-benar sepi, sunyi, dan tertutup agar tidak ada hembusan angin yang melewati mic. Untuk hasil yang maksimal, kalian bisa nih mengeditnya menggunakan aplikasi android lagi nih.


Nama aplikasinya yaitu WaveEditor yang juga tersedia di Google Playstore.


Buka aplikasinya, lalu pilih menu Effects, lalu atur pada pilihan Filter dan Noise Gate.



Turunkan sedikit pada settingan normal sesuai selera temen-temen, pilih tombol play untuk memutar hasil pebgeditan suara. Jika sekiranya settingannya pas, pilih tombol centang untuk melanjutkan, lalu tunggu prosesnya. Cara menyimpan hasil editing tadi, pilih di menu File di bagian kiri atas, lalu klik Export > Full.

Untuk temen-temen yang tidak ingin ribet mengurangi noise tanpa editing, kalian bisa merekam suara temen-temen menggunakan aplikasi beda lagi nih hehe, saya memang suka coba-coba aplikasi perekam udah puluhan kali. Hasil suara tidak kalah bagus lho dengan editing manual tadi.


Aplikasinya namanya Voloco, tersedia juga di Google Playstore. Yang harus kalian lakukan hanyalah mengatur settingan sebelum kalian merekam.


Pada menu Efek > Perdana, pilih "Hanya pengurangan noise"


Pada menu Mixer, aktifkan "bisukan vokal langsung"



Pada menu EQ/Gema>Kompresor, dan Equalizer, pilih "Bypass"


Pada menu EQ/Gema>Gema pilih "Panjang dan Sempit", atau jika ingin efek gema yang lebih besar dan noise yang bersih pilih "Katedral". Lalu kalian mulailah merekam dan dengarkan hasilnya.

Ok, jadi itulah Tips Merekam Suar Gitar dengan Jernih Menggunakan HP. Selamat mencoba ya temen-temen. Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G

Chord Gitar Iwan Fals - Bento Kunci C, G, dan Em (Mudah)