Belajar Gitar: 5 teknik gitar yang membuatmu terdengar jago

Jika temen-temen ingin belajar suatu teknik gitar yang keren, kamu berada di tempat yang tepat hehe..
jika kalian sudah lancar bermain chord dan juga genjrengan gitar lalu kalian bingung bagaimana kalian mengembangkan kemampuan dalam bermain gitar kalian, ini dia artikel yang tepat buat kalian.

teknik gitar keren yang harus kalian pelajari dan ketahui

tanpa basa-basi lagi ini dia

5 teknik gitar keren yang harus kalian ketahui


1. Hammer-on dan Pull-off

Hammer-on dan pull-off merupakan teknik gitar yang lumayan keren lah, karena suara yang dihasilkan juga unik.
cara melakukan Hammer-on : pertama petik salah satu senar gitar, sebagai contoh senar 1 tanpa ada fret yang ditekan, lalu tekan dengan cepat dan kuat pada salah satu fret di senar 1 menggunakan jari kalian.  maka bunyi gitar memiliki dua nada tanpa memetik senar 2 kali.
cara melakukan pull-off : pertama tekan pada salah satu frekuensi pada senar satu sebagai contoh. lalu petik senar 1 tersebut, setelah Sinar berbunyi segera lepas jari pada fret gitar dengan cepat. maka bunyi gitar memiliki dua nada sama seperti teknik Hammer on tapi ini dibalik.
video contoh teknik pull-off dan hammer-on

2. Sliding

teknik sliding ini akan terdengar seperti memainkan sebuah nada dari rendah ke tinggi atau sebaliknya. cara melakukan teknik sliding : yaitu dengan menekan pada salah satu syarat menggunakan 1 jari, lalu memetik senarnya kemudian menggeser jari dari fret satu ke tempat lainnya.
Video contoh teknik sliding


3. Arpeggio

Arpeggio adalah permainan gitar yang memisahkan not-not chord dengan cara memetik dari pada memainkannya dalam satu strum/genjreng.
Untuk memainkan arpeggio dasar, cukup pilih salah satu Chord gitar, lalu petik senar secara berurutan, bukan digenjreng.
Untuk pertama temen-temen busa melakukannya secara berurutan, lalu temen-temen bisa meningkatkan teknik Arpeggio ini dengan mencoba mencampur urutan petikan senarnya.

4. Slapping

sangat cocok untuk lagu dengan genre Jazz. kalian hanya tinggal memukul senar nomor 6 atau senar paling atas menggunakan jempol kalian sampai berbunyi "plak". Teknik slabbing ini biasanya dilakukan setelah memetik atau strumming pada gitar. Teknik ini memang sangat simple, tapi bisa menghasilkan suara yang cukup keren.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat video dari channelnya Kak Teo


5. Harmonic

teknik harmonik ini adalah teknik membunyikan not-not dengan suara yang indah dan unik. Jika kalian ingin melakukan teknik harmonik, kalian harus hafal dulu fret berapa yang bisa menghasilkan teknik harmonic. Yaitu fret 5, 7, dan 12.
Caranya kalian sentuh saja (jangan ditekan) senar pada salah satu fret di atas, lalu petik senar yang kalian sentuh, bersamaan kalian langsung lepaskan sentuhan jari kalian dari senar.
Jika suara Harmonicnya tidak keluar, cobalah untuk menyentuh senar tepat di atas besi-besi pemisah fretnya.
Untuk contoh videonya sebagai berikut


Demikian 5 teknik gitar keren yang bisa kalian pelajari agar terlihat jago. Teknik teknik di atas sebaiknya dilakukan secukupnya, agar tekniknya terlihat natural dan tidak terkesan lebay dan membosankan. Terimakasih telah berkunjung nadagitar.net

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G

Chord Gitar Iwan Fals - Bento Kunci C, G, dan Em (Mudah)