Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Perkembangan Gitar dari Masa ke Masa

Sejarah gitar berikut ini tidak kita bahas secara lengkap, hanya singkat saja mengenai sejarah, jenis, dan penemu nya.

Siapa sih yang tidak tahu alat musik gitar. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, dan di genjreng pada senar yang terpasang pada bagian yang disebut bridge sampai pada headstock atau kepala gitar. Memang banyak sih alat musik yang bentuknya mirip dengan gitar (memiliki senar) seperti Biola, Sitar, Bass, Celo, Harpa, dan lain-lain. Tapi di sini kita hanya akan membahas tentang gitar ya, karena memang blog ini hanya membahas seputaran itu.

sejarah perkembangan gitar akustik dari masa ke masa

Dibandingkan dengan alat musik yang dipetik lainnya gitar memiliki teknik, kesulitan, dan keunikan yang tidak dimiliki alat musik lain, sehingga menjadikan alat musik ini populer dan banyak digemari. Tapi apakah temen-temen tahu sejarah terciptanya gitar hingga saat ini?. Tenang buat yang belum tahu, atau yang ingin lebih tahu bisa menyimak artikel berikut ini nih. Buat temen-temen yang lebih tahu mengenai sejarahnya gitar, bisa menambahkan atau mengoreksi artikel ini dengan berkomentar di bawah.

Pada umumnya gitat terbuat dari bahan kayu, sedangkan senarnya terbuat dari nylon atau baja. Namun, seiring perkembangan zaman, kini gitar ada yang terbuat dari polikarbonat.

Pengertian Gitar

Secara bahasa gitar diadaptasi dari bahasa inggris yaitu guitar.
Menurut KBBI tahun 2016 gitar didefinisikan sebagai alat musik dari bahan kayu seperti biola, berleher panjang, dengan enam dawai atau lebih, dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari.

Perkembangan dari masa ke masa

  • Pada tahun 1500 sebelum masehi, bangsa Persia mengenal Citar atau sehtar, lalu Tanbur.
  • Pada tahun 476 sebelum masehi, alat musik tanbur ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol, hingga di sana muncul 2 jenis lagi yaitu Guitarra Morisca (Gitar Rhythm) dan Guitarra Latina (Gitar Akord), di sini lah awal mula para penemu gitar pertama kali muncul.
  • Pada tahun 176 sebelum masehi, bangsa Arab membuat alat musik Al-Ud (alat musik seperti gitar pengiring lagu gambus) dan kemudian membawanya ke Spanyol. Gabungan antara Al-Ud dan 2 jenis gitar dari Spanyol tersebut membentuk alat musik bernama Vihuela.
  • Pada abad ke-16, alat musik Vihuela menjadi sangat populer di Spanyol dan Italia. 
  • Lalu pada abad ke-17, Vihuela menjadi gitar klasik dengan 5 course, menggantikan gitar dengan 6 course.
  • Dan pada awal abad ke-19, gitar hanya menggunakan 6 senar saja.


Gitar modern baru muncul pada zaman Renaissance, yang mana memiliki kemiripan dengan alat musik terdahulunya yaitu Vihuela. Ya, memang benar, sudah kita bahas di atas bahwa gitar memang terbentuk oleh alat musik bernama Vihuela di Spanyol, yang akhirnya sekarang negara Spanyol disebut-sebut sebagai tempat kelahiran gitar atau diciptakannya gitar.

Maaf jika penjelasan sejarah gitar di atas kurang lengkap dan panjang, karena memang sudah saya ringkas. Terimakasih :)

sumber : https://sejarahlengkap.com/indonesia/sejarah-gitar