3 Kesalahan Pemula Dalam Belajar Bermain Gitar

Ngomongin soal belajar gitar lagi nih, bagi kalian yang baru beli gitar, atau yang lagi pinjem gitar ke temen, atau tetangga buat belajar gitar kadang bingung belajar gitar mulainya dari mana ya?, gimana ya belajar gitar yang baik?. Nah pada artikel kali ini saya tulis sedikit mengenai hal-hal atau kesalahan apa saja yang sering dilakukan dalam belajar gitar, agar nantinya tidak menghambat proses belajar temen-temen.


Di sini saya rangkum menjadi 3 poin penting yang harus temen-temen hindari saat baru belajar gitar.

1. Terburu-buru

Nah, di poin 1 ini, ada 2 sub-poin yang harus kita hindari, di antaranya :

  • Terburu-buru menghafal semua chord dalam 1 kali belajar. Sebaiknya temen-temen hafalin dan praktekan hingga lancar maksimal 5 bentuk chord gitar dulu. Lalu, di latihan pada hari berikutnya ditambah lagi, agar temen-temen tidak tertukar dan bingung.

  • Terburu-buru ingin segera bisa mengusai semua teknik. Nah, saya sendiri juga begitu dulu hehehe. Salah satu faktor yang membuat temen-temen ingin belajar gitar pasti karena menonton pertunjukan atau video gitaris yang handal, benar bukan?. Dan gitaris tersebut memperlihatkan teknik-teknik keren yang mana akan terasa sulit bagi temen-temen yang baru belajar. Nah, sebaiknya temen-temen belajar dulu strumming dasar, lalu kembangkan strumming nya, baru latihan pola petikan gitar. Untuk teknik arpeggio, tapping, harmonic, dan lainnya, bisa menyusul perlahan-lahan (satu persatu lho yaa..).


2. Malas

Kenapa malas? ya karena malas wkwkwk.

  • Malas karena minder dengan bakat yang pas-pasan. Itulah yang terjadi jika kita hanya melihat ke atas, tanpa melihat yang di bawah kita. Memang jika kita melihat gitaris-gitaris terkenal yang jago kita bisa minder dengan bakat kita. Tapi coba lihat teman kalian yang mungkin tidak bisa sama sekali bermain gitar, banggakan dirimu yang sudah mau berusaha belajar bermain gitar, tunjukan hasil latihanmu, Ok..

  • Malas karena tidak mood. Cobalah mencari tempat yang sepi dan sunyi, bersantailah dengan gitar kalian maka suasana dan keinginan untuk belajar gitar akan bertambah (pengalaman : tengah malem adalah suasana terbaik, tapi jangan keras-keras ya..)


3. Latihan yang Berlebihan

Malas memang akan menghambat belajar gitar kalian, namun latihan yang terlalu berlebihan juga tidak baik jika dilakukan. Temen-temen bisa cidera tangan, seperti kulit jari sobek, kram, bahkan melepuh. Bukan hanya fisik, mentalpun akan terkena efeknya, seperti stress, yang kemungkinan terburuknya gitar kalian akan dilempar, bahkan dibanting wkwkwk.
Latihan sewajarnya saja, 1 hari tidak lebih dari 4 jam. Jika lelah, atau mulai stress, tinggalkan dulu gitarnya. So, jangan berlebihan ya, santai saja.

Nah, mungkin bagi temen-temen 3 hal di atas spele, tapi itu merupakan hal kecil yang penting dalam kita belajar apapaun, termasuk gitar. Terimakasih telah mampir di sini ya, Semangat belajar.. ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G

Chord Gitar Iwan Fals - Bento Kunci C, G, dan Em (Mudah)