Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Fingerstyle - Teknik Gitar Finger Picking Style

Halo temen-temen, semakin lama teknik bermain gitar fingerstyle semakin banyak peminatnya nih. Youtuber-youtuber baru pun muncul dan tidak mau kalah dengan seniornya. Nah di sini saya akan menjelaskan sedikit mengenai sejarah lahirnya fingerstyle. Saya mengutip sejarah ini dari obrolan acara FAQ Sejarah Fingerstyle di Channel Youtube See N See Guitar, salah satu tempat saya dalam belajar fingerstyle hehe.

Sejarah dan asal usul Teknik Fingerstyle

Apa itu Fingerstyle?

Ok pertama, kita harus tahu dulu nih pengertian fingerstyle itu apa sih?. Fingerstyle secara bahasa adalah finger-picking-style atau dalam bahasa Indonesia yaitu memetik gitar menggunakan jari.

Sejarah Fingerstyle

Nah, katanya sejarah ini diambil dari sebuah tesis seorang mahasiswa di Kentucky, Amerika Serikat. Pada tahun 1863 lahir seorang musisi perempuan bernama Elise De Armond John. Dia ini merupakan pemain Fiddle, Mandolin, dan juga Banjo.

Suatu waktu Elise membeli gitar parlor di tempatnya lahir di Muhlenberg County, Kentucky, Amerika Serikat. Pada zaman tersebut, setiap kita membeli gitar, kita akan dapat tuh buku panduan atau metode belajar gitar di dalam kemasan gitar tersebut. Dan ternyata buku tersebut diadopsi dari permainan gitar klasik di Eropa. Mungkin dari buku tersebutlah permainan gitar klasik muncul di Amerika Serikat.

Elise de Armond John mempunyai seorang anak bernama Kenny de John. Permainan gitarnyapun mirip dengan permainan ibunya yang mengadopsi dari Banjo, dan Mandolin. Suatu ketika pada tahun 1916, Kenny de John tampil di sebuah acara pertunjukan dansa. Dia memainkan gitarnya dengan serius, dan keras, hingga akhirnya jempolnya cidera atau bengkak. Padahal besoknya Kenny harus perform lagi, stres deh si Kenny.

Kenny de John pun pergi ke kota dan masuk ke subuah toko alat musik, dan menemukan sebuah Thumbpick. Thumbpick ini merupakan alat yang dipasang di jari saat kita memainian alat musik gitar hawaii (seperti kecapi). Dibelilah thumbpick ini oleh Kenny de John dengan harapan bisa memetik gitarnya tanpa rasa sakit.

Ternyata saat Kenny de John mencobanya warna suara yang dihasilkan menjadi berbeda dan unik, Kenny seneng tuh memainkan gitarnya menggunkan Thumbpick. Dari situ ada istilah yang lebih terkenal dari Fingerpicking, yaitu Kentucky Thumbpicking.

Merle Travis - Sejarah Fingerstyle
Merle Travis

Suatu waktu Kenny de John bertemu dengan seorang gitar bernama Mose Rager. Mose Rager merupakan teman dari Merle Travis. Tahu dong Merle Travis? salah satu tokoh gitaris, terutama fingerstyle yang terkenal dengan teknik yang paling identik. Kenapa Hanya Merle Travis yang terkenal? Alasanya karena pada tahun 1940an beliau sudah membuat album di Hollywood, kemudian direkrut oleh Capitol Records. Sejak itulah nama Merle Travis meroket.

Nah, mungkin itu ya, seluk beluk nenek moyang lahirnya teknik fingerpicking style atau fingerstyle. Seiring perkembangan zaman teknik fingerstyle mulai bertambah dan bervariasi, seperti teknik perkusi (memukul gitar), harmonic, bending, dan lainnya. Jika temen-temen ada yang ingin mengoreksi atau menambahkan soal sejarah fingerstyle bisa komentar dibawah.