Keuntungan Seorang Pemain Gitar Yang Mengetahui Tempo Lagu

Halo temen-temen semua yang berbahagia, semoga temen-temen selalu dalam keadaan sehat ya. Sesuai judulnya kita akan membahas salah satu unsur seni musik yaitu tempo.

Apa itu tempo dalam seni musik?.
Tempo yaitu ukuran kecepatan dalam birama sebuah musik. Atau bisa dibilang cepat lambatnya (kecepatan) lagu itu saat dimainkan. Biasanya tempo pada lagu diukur dengan sebuah alat bernama metronom. Sekarang lebih banyak yang menggunakan metronom yang ada di HP, temen-temen bisa mendownload aplikasi metronom di Playstore atau AppStore banyak kok.

Apa itu Tempo dan fungsi metronom
gambar metronom


Seberapa pentingkah tempo dalam sebuah lagu?.

Feel atau rasa dalam sebuah lagu bisa dihasilkan dari chord, tempo, dan dinamika. Misalnya, lagu dengan tempo cepat menjadi lambat (ritardando) atau lambat menjadi cepat (ritardando) memberikan rasa dramatis.

Selain memberikan rasa pada sebuah lagu, tempo juga sebagai acuan kecepatan antara pemain alat musik satu dan lainya agar berada dalam satu jalur keserasian. Maksudnya pemain alat musik satu dengan yang lainnya tidak saling kejar mengejar (balapan) dalam memainkannya, sehingga musik yang dihasilkan menjadi serasi, harmonis, dan indah.

Nah, lalu apa saja keuntungan seorang pemain gitar yang mengetahui tempo dalam sebuah lagu?

Seperti yang sudah kita bahas di atas betapa pentingnya sebuah tempo dalam sebuah lagu, maka pemain alat musik pun harus mengetahui tempo dalam sebuah lagu, salah satunya adalah gitaris.

1. Permainan Gitar yang Serasi dan Kompak

Seperti yang sudah kita singgung di atas, tempo akan membuat permainan alat musik satu dan lainya menjadi kompak dab serasi. Terlebih lagi saat kita memainkan duet gitaris dalam memainkan melodi. Tempo berperan penting menserasikan kedua melodi gitar agar kompak, serasi, dan harmonis.

keuntungan pemain gitar yang mengetahui tempo


2. Improvisasi Rapi dan Teratur

Dalam bermain alat musik, terlebih lagi saat kita sedang show, entah itu dipanggung, di kelas, di tongkrongan, tentu kita ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya, yaitu melakukan improvisasi atau variasi dalam bermusik. Dalam gitar misalnya penambahan variasi strumming (genjrengan) atau melodi.

Lalu apa kaitannya improvisasi dengan tempo?
Saat kita berlatih di belakang panggung, di kamar, dan sebagainya, kita akan memainkan musik dengan birama dan tempo yang biasa kita lakukan setiap latihan. Berbeda saat kita melakukan improvisasi, misalkan kita menambahkan ketukan / bar dalam sebuah birama, maka kita harus tau berapa panjang ketukan tersebut agar sesuai dengan birama dan tempo lagu.
Kesimpulannya adalah improvisasi menjadi teratur dengan adanya tempo.

3. Tingkatan dalam belajar gitar

Belajar strumming (genjrengan) mungkin tidak terlalu terpengaruh dengan tempo sebuah lagu, karena pola genjrengan biasanya tergantung genre, dan rasa lagu. Namun jika temen-temen belajar petikan, baik itu solo gitar atau fingerstyle, temen-temen akan sangat penting dalam memperhatikan yang namanya tempo dalam musik.

Belajar gitar dengan lagu bertempo pelan akan memudahkan kita dalam mengulik dan membedah sebuah lagu hingga bisa dimainkan dengan baik. Namun, bagaimana jika tempo lagu tersebut cepat?. Temen-temen tinggal menurunkan tempo lagu tersebut jadi pelan, nanti jika sudah lancar dan bagus, temen-temen tinggal mengulik lagu tersebut dengan tempo yang lebih cepat, secara bertahap.


Nah mungkin 3 poin di atas bisa menjadi jawaban dari Sebutkan keuntungan pemain gitar yg mengetahui tempo dalam sebuah lagu. Terimakasih :)

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G

Chord Gitar Iwan Fals - Bento Kunci C, G, dan Em (Mudah)