Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Genre Musik Terkenal yang Ada Di Dunia

Bicara soal Musik dan jenis-jenisnya, baik di Indonesia maupun mancanegara, Saya sebutkan dan jelaskan sedikit di bawah ini.

Musik adalah seni dan keindahan dunia yang berupa suara, setuju?. Ya, bicara seputar seni musik kita tidak akan ada habisnya, luaaas banget. Mulai dari alatnya, perkembangannya, genrenya, unsur-unsurnya, dan sebagainya.

macam dan jenis aliran musik di seluruh dunia

Tapi di sini kita hanya akan menyinggung soal genre musik (jenis-jenis musik). Kenapa sih musik dibedakan dengan berbagai genre? apa yang membuat genre berbeda?. Kita belajar sama-sama ya.

Genre musik yaitu pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Sebuah genre musik bisa dibedakan berdasarkan teknik musiknya, gayanya, konteksnya, serta tema musiknya.

Nah, sudah tahukan, apa itu genre musik, dan apa yang membedakannya.

Berikut ini macam-macam genre musik atau jenis-jenis musik yang sudah berkembang dan eksis di seluruh dunia.


Klasik

Penjelasan seputar musik klasik akan sangat panjang, maka dari itu saya persingkat saja.
Musik klasik muncul pada Zaman Barok dan Zaman Romantik yakni sekitar abad ke-18 sampai dengan abad ke-19 di Eropa. Adapun ciri-ciri musik jenis klasik yaitu :
Menggunakan pergantian dinamika dari lembut hingga keras (cressendo) dan dari keras menjadi lembut (decressendo).
Perubahan tempo dengan percepatan (accelerando) atau perlambatan (ritardando).
Hiasan atau ornamentik diperhemat pemakaiannya.
Masih menggunakan akord 3 nada.

Componis terkenal pada masa munculnya musik klasik yaitu : Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven.
Componis lainnya : Andrea Luchesi, Antonio Salieri, Joseph Haydn, Muzio Clementi, Johann Ladislaus Dussek, dan Carl Philipp Emanuel Bach.

Jazz

Musik Jazz muncul pada awal abad ke-20 di Negara Amerika Serikat. Walaupun muncul di Amerika Serikat, musik jazz merupakan gabungan dari aliran musik Afrika dan Eropa.

Aliran-aliran musik yang membentuk Jazz yaitu : Blues, ragtime, spiritual, tradisional, mars, klasik, musik Afrika Barat. Jenis alat musik yang biasa digunakan pada musik jazz : gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon.

Musisi Jazz Internasional yang terkenal antara lain : Charlie Parker, Miles Davis, Chris Botti, Kenny G, Louis Armstrong, Frank Sinatra, Yannick Bovy.
Musisi Jazz Indonesia juga ada : Aji Kikuta, Anna Larssen, Ari Pramundito, Erwin Gutawa, Tompi, Syaharani, Sierra Soetedjo, Joey Alexander, Dian Pramana Putra.

Blues

Blues juga merupakan musik yang sudah sangat lama muncul, jadi saya jelaskan sedikit mengenai sejarahnya. Kata "blues" mengacu pada "Blues Devil", yang berarti melankolis dan kesedihan.
Nama Blues diberikan pada Genre Musik yang muncul pada akhir abad ke-19 di Deep South Amerika Serikat. Blues memiliki ciri-ciri akord progresif tertentu dengan dua belas bar akord miring dan nada miring.

Genre Blues sebenarnya memiliki sub-genre yang banyak, yang paling terkenal yaitu Paling dikenal adalah Delta, Piedmont, dan gaya blues Chicago.
Musisi Blues yang terkenal antara lain : W. C. Handy (yang dijuluki sebagai sesepuhnya blues), Memphis Minnie, Alberto CaƱizares, Louisiana Red, Miquelo Ortiz, Daniel Ibarra, B. B. King, Herry Henger, dan masih banyak lagi.

Gospel

Musik gospel adalah sebuah genre atau aliran musik yang dominan menggunakan banyak vokal dan harmoni yang kuat dengan memakai lirik bertema religius khusus Kristen. Di zaman ini lebih sering disebut musik pujian atau musik Kristen kontemporer.

Musik gospel biasanya diiringi menggunakan alat seperti piano, drum, gitar, dan bass. Musik gospel pertama kali muncul sekitar abad ke-20 di gereja-gereja Afrika-Amerika.

RnB

RnB atau R&B yang berarti Rhythm and Blues merupakan genre musik populer yang perpaduan antara jazz, gospel, dan blues. Istilah musik RnB pertama kali muncul tahun 1947 yang diperkenalkan oleh musisi Afrika-Amerika dalam musik di Amerika serikat yaitu Jerry Wexler yang bekerja di majalah Billboard.

Funk

Funk merupakan aliran musik yang mengandung unsur musik tarian Afrika-Amerika. Ciri-ciri musik Funk yaitu :
1. Ritme yang sering terpotong singkat
2. bunyi gitar ritme yang tajam
3. perkusi yang dominan
4. pengaruh jazz yang kuat
5. irama-irama yang dipengaruhi musik Afrika,
6. musik memberikan efek gembira kepada pendengarnya.

Musik Funk mulai muncul di daerah Louisiana pada tahun 1960-an.

Rock

Genre musik yang kental dengan suara gitarnya, terutama gitar listriknya. Musik Rock merupakan perpaduan antara RnB, musik country (tahun 1940-1950an) lalu bertambah musik folk, jazz serta klasik.

Musik Rock biasanya menggunakan alat musik Gitar elektrik, Gitar bas, Drum, dan Kibor. Ciri khas yang mecolok pada musik rock yang murni adalah musik rock menggunakan tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok serta melodi yang menarik.

Metal

Metal atau Heavy Metal merupakan genre musik rock yang berkembang mulai tahun 1970 di UK dan USA dengan dasar aliran rock blues, rock acid, dan rock psychedelic. Ciri-ciri musik Heavy Metal yaitu :
1. distorsi Gitar yang sangat kuat
2. solo gitar panjang
3. ketukan cepat di semua instrumentasi alat musiknya.

Nama Heavy Metal diambil dari sebuah lirik lagu sebuah band Hard rock tahun 1960'an, Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul Born To Be Wild.
liriknya adalah "I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under".

Electronic

Atau biasa disebut Electronic Dance Music EDM merupakan musik dansa, music club, yang biasa dipakai di club-club malam, rave, dan festival lainnya.

Pada tahun 1980-an hingga 1990-an, mulai muncul raving, radio bajakan, dan meningkatnya minat dalam budaya klub, EDM memperoleh popularitas arus utama di Eropa. Dan tahun 2000-an musik EDM peminat musik EDM meningkat secara global khususnya Amerika serikat.

Raggae

musik Reggae mulai muncul pada akhir tahun 1960-an di Jamaika, hingga tak heran banyak yang menyebutnya musik Jamaika. Reggae merupakan perpaduan aliran Mento, R&B, jazz, ska, rocksteady, dan soul.

Alat musik yang sering digunakan :
1. Gitar
2. bass
3. drumset
4. instrumen perkusi
5. organ piano
6. penyintesis
7. instrumen musik tiup logam
8. melodika

Hip-hop

Hip hop atau musik rap adalah genre musik yang muncul di Amerika Serikat sekitar tahun 1970-an. musik ini menggunakan teknik rap, yaitu cara berbicara yang disuarakan melalui rima yang ritmis, yang diikuti musik latar yang ritmis.

Musik Hip hop merupakan perpaduan beberapa aliran seperti RnB, Funk, Disco, Dub, Reggae, dan banyak lagi. Alat yang sering digunakan :
Vokal rap, turntable, DJ mixer, mesin drum, sequencer, penyintesis, kibor.

Pop

Musik Pop adalah genre musik yang mencakup banyak sekali aliran. Bahkan Pop dan Rock dikatakan sebagai genre yang sama hingga tahun 1960-an kedua genre ini mulai berbeda.
Istilah musik Pop ini muncul di Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan 1950-an.

Country

Musik ini merupakan musik yang berasal dari Amerika yakni campuran antara musik Rakyat Amerika Utara, musik kelt, dan gospel. Genre musik ini mulai muncul dan berkembang sejak tahun 1920-an dengan nama Hillbilly, lalu pada tahun 1940-an berganti nama atau istilah menjadi musik Country.

Alat musik yg sering digunakan antara lain :
gitar, biola, steel guitar, dobro, harmonika, gitar bass, fiddle (biola), drum, mandolin, dan banjo.

Dangdut

Dangdut merupakan genre musik populer tradisional Indonesia yang merupakan berakar dari unsur-unsur Hindustani (India), Melayu, dan Arab. Ciri khas dari musik dangdut yaitu dentuman tabla dan gendang.

Musik dangdut mulai muncul pada tahun 1960-an yang dipopulerkan oleh Bang Haji Rhoma Irama melalui Lagunya "Boneka India". Istilah dangdut sendiri berasal dari kata "dang" dan "dut" yang merupakan suara yang dihasilkan dari alat musik tabla.

Nah, Banyak ya ternyata Genre-genre musik yang telah berkembang di dunia. Genre di atas hanyalah genre-genre terkenal saja, belum lagi yang tidak begitu populer tentu akan sangat banyak. Misalnya musik dari Asia (seperti China), Timur tengah (Arab, Mesir). Misal, genre musik gambus yang berasal dari Arab, contoh lagunya Deen Assalam.