Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengaktifkan Opsi Pengembang di semua HP Android

    Jika kalian tidak paham teknologi, menggunakan opsi pengembang di HP Android kalian mungkin tampak membahayakan. Namun, ada banyak opsi yang rata-rata pengguna dapat memanfaatkannya dengan mudah. Inilah sebabnya artikel ini berisi tips tentang cara mendapatkan hasil maksimal dari pengaturan tersembunyi ini, guna membantu kalian meningkatkan tampilan dan nuansa ponsel cerdas kalian. Ini adalah tips dan trik opsi pengembang favorit kami.


    Aktifkan / Nonaktifkan opsi pengembang

    Langkah pertama untuk menuju pengaturan opsi pengembang adalah mengaktifkannya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Tentang ponsel atau Pengaturan> Tentang> Informasi perangkat lunak> Lainnya. Gulir ke Build number(nomor bentukan) dan ketuk tujuh kali berturut-turut.

    Dengan melakukan itu, kalian akan diberi tahu bahwa kalian telah menjadi pengembang. kalian kemudian dapat kembali ke menu pengaturan dan scroll ke bawah. kalian seharusnya dapat menemukan opsi Pengembang di suatu tempat di atas Tentang telepon di pengaturan sistem.

    Jika kalian berubah pikiran dan ingin menonaktifkan opsi pengembang, cukup buka di pengaturan dan kalian akan melihat tombol on / off sederhana di sudut kanan atas.


    1. Tetap terjaga (Layar kalian tetap menyala saat mengisi daya)

    Dengan mengaktifkan opsi ini, layar kalian akan tetap aktif setiap kali perangkat kalian sedang diisi. Ini, secara alami, berarti masa pakai baterai kalian tidak terancam dan jika kalian adalah tipe orang yang selalu mengecek proses pengisian baterai secara rutin, ini bisa sangat berguna.

    Untuk mematikan layar dan mengunci perangkat, kalian perlu menggunakan tombol daya fisik.


    2. Batasi aplikasi latar belakang (untuk kinerja lebih cepat)

    Pengaturan ini memungkinkan kalian memilih jumlah aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang. Batasnya terbatas pada empat aplikasi, tetapi kalian dapat memilih untuk tidak menjalankan aplikasi latar belakang sama sekali, jika kalian mau.

    Dengan proses latar belakang nol, semua aplikasi kalian akan dihentikan setelah digunakan, yang berarti, aplikasi apa pun yang kalian jalankan saat ini akan menerima perhatian dan sumber daya penuh dari Android. Namun, ini berarti bahwa peralihan aplikasi akan lebih lambat.


    3. Paksa MSAA 4x (untuk grafis game yang lebih baik)

    Mengaktifkan 4x MSAA meningkatkan kualitas grafik dalam game dan aplikasi OpenGL ES 2.0. Ini membutuhkan lebih banyak daya pemrosesan dan menghabiskan baterai lebih cepat. Tetapi jika kalian mengaktifkan pengaturan ini, maka kalian akan mendapatkan pengalaman game dengan grafis yang lebih halus.


    4. Atur kecepatan animasi sistem

    Oke, trik ini sebenarnya tidak mempercepat perangkat kalian, tetapi ini cara yang bagus untuk mensugesti otak kalian agar mengira perangkat kalian menjadi lebih cepat.

    Nonaktifkan semua animasi perangkat sehingga tidak ada efek transisi saat melakukan tugas tertentu. Hasilnya adalah perangkat yang terasa lebih cepat dan halus. Cobalah.


    5. Aggresivve Handover Wifi to mobile handover

    Ini tidak mempercepat data seluler kalian sendiri, tetapi mempercepat seberapa cepat data seluler digunakan setelah sinyal Wi-Fi terputus. Pengaturan ini bisa sedikit merugikan jika kalian tidak memiliki cadangan kuota data seluler dalam jumlah besar, karena itu berarti perangkat kalian akan lebih cepat mengaksesnya. Pikirkan dua kali sebelum mengaktifkannya.

    Misalnya, sinyal Wi-Fi kalian mungkin terputus sebentar, dan ponsel kalian akan segera beralih ke data seluler, meskipun sinyal Wi-Fi kembali dengan cepat.

    Jika kalian tidak pernah melebihi batas data seluler, aktifkan pengaturan ini dan kapan pun kalian meninggalkan rumah atau kantor, kalian akan melihat perangkat kalian beralih ke data seluler lebih cepat setelah kalian berada di luar jangkauan Wi-Fi. Untuk membuat efeknya lebih jelas, tapi kalian juga perlu untuk selalu mengaktifkan data seluler.


    6. Periksa aplikasi yang sedang berjalan

    Opsi Running services sangat mirip dengan Task Manager di PC Windows. Ini memungkinkan kalian untuk melihat proses apa yang sedang berjalan di ponsel android kalian, berapa banyak RAM yang digunakan dan aplikasi apa yang menggunakannya. Aplikasi yang terdaftar diurutkan berdasarkan penggunaan memorinya.

    Saat kalian mengetuk aplikasi, kalian juga dapat melihat proses dan layanan spesifik yang digunakannya. Ini memungkinkan kalian untuk men-stop aplikasi yang haus RAM, yang tidak kalian gunakan secara aktif. Namun, kami tidak menyarankan untuk menghentikan satu proses aplikasi tanpa menghentikan aplikasi itu sendiri, karena hal itu dapat menyebabkan error dan masalah fungsionalitas.


    7. Lokasi palsu

    Bosan dengan video YouTube yang tidak tersedia di wilayah kalian? Ada beberapa aplikasi di Google Play yang memungkinkan kalian untuk memalsukan lokasi kalian. Salah satu yang paling populer adalah "fake GPS Location", dan instal. Kemudian buka opsi pengembang dan temukan opsi Pilih aplikasi lokasi tiruan. Ketika diketuk itu akan menampilkan aplikasi fake location yang baru saja kalian instal. Pilih dan kemudian buka aplikasi untuk memilih ke mana kalian ingin 'disetting'.


    8. Split-Screen (Layar Terpisah)

    Split-screen pertama kali diperkenalkan pada Android 6.0 Marshmallow. Fitur ini membagi layar menjadi dua, memungkinkan pengguna untuk menampilkan 2 aplikasi secara bersamaan. Sekarang fitur ini menjadi sangat berguna, mengingat ukuran layar HP yang semakin tahun semakin lebar.

    Tidak semua aplikasi mendukung split-screen, tetapi kalian dapat mengubahnya melalui opsi pengembang. Temukan opsi Force to be resizable dan centang. kalian perlu memulai ulang perangkat Android kalian agar dapat berfungsi. Ini seharusnya berfungsi dengan sebagian besar aplikasi, tetapi ini bukan metode yang sempurna, jadi bisa perkirakan beberapa aplikasi akan force close dan bermasalah.


    9. Nada dering dengan headphone Bluetooth

    Karena Headphone / headset bluetooth sekarang sedang populer, ini adalah pengaturan kecil namun berguna yang dapat kalian temukan di opsi pengembang. Secara default, saat menggunakan headphone Bluetooth, kalian akan menderngar nada dering umum saat menerima panggilan. Jika kalian ingin mendengar nada dering kalian yang sebenarnya dan menghindari kebingungan saat mendengarkan musik atau radio, kalian dapat mengaktifkannya di opsi pengembang dengan mencentang Enable in-band ringing.

    bluetooth

    Kami menyarankan kalian untuk tidak mengaktifkan bagian dari opsi pengembang yang kalian tidak sepenuhnya mengerti. Kadng ada yang tidak dapat diubah tetapi efeknya bisa negatif dalam jangka pendek. Jika kalian membiarkan setelan diaktifkan dan lupa, perangkat kalian mungkin berefek sedemikian rupa sehingga menghabiskan banyak masa pakai baterai atau data. Hati-Hati.


    10. Ubah konfigurasi USB default

    Jika kalian selama ini mencolokkan ponsel kalian untuk mentransfer file  USB kalian menunggu pemberitahuan muncul untuk mengubah fungsi, ada cara lain untuk membuat proses ini sedikit lebih mudah. Dengan mengubah konfigurasi USB default di Opsi Pengembang, kalian dapat membuat ponsel cerdas Android kalian secara otomatis mengaktifkan opsi yang paling sering kalian gunakan. Misalkan kalian sering menggunakan ponsel kalian untuk transfer file dengan komputer, maka atur saja default nya menjadi transfer file.


    Apa pengaturan favorit kalian di opsi pengembang? silahkan berikan komentar di bawah ini.