Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahasa Koreanya Selamat Pagi - Belajar Bahasa Korea

    Kalian K-poper? Dan suka hal-hal berbau Korea?. Kalian ingin belajar Bahasa Korea?. Jika iya, kita bisa memulainya dengan bahasa koreanya selamat pagi.

    Halo teman-teman, Dalam Bahasa korea terdapat berapa kalimat salam atau kalimat ucapan yang bermakna selamat pagi loh. Jadi nanti kalian bisa menentukan sendiri mau pake kalimat yang mana, tergantung kondisinya ya. Berikut beberapa ucapan selamat pagi dalam bahasa korea.

    Selamat Pagi Bahasa Korea

    Ada beberapa ucapan atau kalimat dalam bahasa korea yang memiliki arti selamat pagi. Namun kalimat-kalimat di bawah ini memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Tingkatan di sini berarti kepada siapa kita berbicara. Jadi kalian bisa memilih kalimat di ucapan selamat pagi bahasa korea di bawah ini sesuai dengan konteks-nya ya teman-teman.

    Joheun Achimimnida (좋은 아침입니다)

    Joheun achimimnida (좋은 아침입니다 ) merupakan Bahasa korea dari selamat pagi atau dalam Bahasa inggris merupakan “good morning”. Kalimat ucapan ini berasal dari gabungan kata 좋다 (johda) + 아침 (achim) + akhiran. 좋다 (Johda) artinya adalah baik, bagus, senang, bahagia, aman, ataupun nyaman. Kata tersebut terdapat imbuhan  - (eun) yang artinya “yang” atau menerangkan kata sifat di depan nya. 아침 (Achim) berarti “pagi”. Dan imbuhan 입니다 (imnida) digunakan sebagai gaya berbicara yang terkesan sopan dan formal. Namun tetap saja, ketika kita dalam suasana yang tidak terlalu formal pun bisa menggunakan 입니다 (imnida) jika sedang berbicara dengan orang yang lebih tua. Kalimat salam ini juga bisa menggunakan imbuhan lain. Seperti pada kalimat salam 좋은 아침이에요 (joheun achimieyo). Kalimat tersebut cocok digunakan untuk bahasa yang sopan tapi masih cocok digunakan kepada orang yang masih seusia, atau kepada keluarga/kerabat dekat atau dalam suasana santai. Bahkan jika kita sedang berbicara kepada teman orang lain yang lebih usianya lebih muda, kita bisa cukup mengucapkan 좋은 아침 (joheun achim) tanpa menambahkan imbuhan “imnida”. Kalimat selamat pagi Bahasa Korea ini memang sering digunakan terutama pada lawan bicara orang yang memang akrab atau selalu bertemu setiap hari.


    Annyeonghi Jumusyeosseumnika (안녕히 주무셨습니까)

    Ada lagi nih kalimat yang juga bisa digunakan untuk salam di pagi hari.

    안녕히 주무셨어요 (annyeonghi jumusyeosseoyo) dan 안녕히 주무셨습니까 (annyeonghi jumusyeosseumnika). Ucapan ini sering diucapkan kepada keluarga atau orang-orang yang tinggal bersama dalam satu rumah. Karena kalimat ini sangat cocok diucapkan saat kita baru bangun tidur. Secara makna kalimat, kalimat ini adalah ucapan di pagi hari dengan makna “selamat pagi” atau “selamat bangun tidur”. 

    Kata 안녕 (annyeong) yang berarti selamat, keselamatan, kenyamanan, atau keamanan. Sedangkan 안녕히 (annyeonghi) yang berarti “dengan tenang / tentram / damai”. Lalu 주무셨습니까 (jumusyeosseumnika) serta 주무셨어요 (jumusyeosseoyo) adalah bentuk kata lampau dari kata 주무시다 (jumusida) yang artinya “tidur”. Pemilihan kata imbuhan 었습니까 (eosseumnika) maupun 었어요 (eosseoyo) disesuaikan dengan lawan bicara kita. 

    Kemudian ada juga kalimat  잤어요 (jal jasseoyo), dan  주무셨어요 (jal jumusyeosseoyo). Kata (jal) memiliki arti “dengan baik”. Lalu 잤어요 (jasseoyo) merupakan kata lampau dari 자다 (jada) yang berarti "tidur". Oh iya, kata 주무시다 (jumusida) jika diucapkan untuk selamat pagi dalam Bahasa Korea, merupakan kosakata yang lebih formal atau sopan dibandingkan 자다 (jada).


    Annyeong Hasimnikka (안녕하십니까)

    Nah, ucapan yang satu ini merupakan salam yang paling umum untuk digunakan di kehidupan sehari-hari. Karena kosa kata ini lebih fleksibel, baik secara arti maupun konteks penggunaan, kalimat tersebut yaitu 안녕하십니까 (annyeong hasimnikka) atau bisa juga 안녕하세요 (annyeong haseyo). 

    Ucapan ini merupakan kalimat yang sangat sering digunakan sebagai salam sapaan di pagi hari. Kalimat ini diambil dari kata 안녕하다 (annyeonghada) yang memiliki arti baik, damai, dan sehat. Dalam mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Korea, kita harus mengubah bentuk dasar dari suatu kata dengan menggabungkan imbuhan sesuai dengan gaya bahasa dan lawan bicara kita. 

    안녕하십니까 (Annyeong hasimnikka) merupakan ucapan yang bermakna lebih formal dan sopan sedangkan 안녕하세요 (annyeong haseyo) memiliki konteks kalimat yang juga sopan tapi lebih santai atau informal. Untuk bahasa korea yang sopan kepada teman sebaya atau orang yang lebih muda, kita bisa gunakan ucapkan 안녕 (annyeong). 

    Jika pada penjelasan di atas dikatakan bahwa kata 안녕 (annyeong) berarti selamat, atau keselamatan, maka sedangkan dalam konteks ini kata ini merupakan interjection (kata seru). Ucapan salam ini bisa diucapkan saat bertemu atau berpisah dengan teman-teman seumuran kita. Kata 안녕 (annyeong), bisa memiliki banyak arti loh, bisa selamat pagi, selamat siang, selamat sore, hai, halo, dan kadang berarti apa kabar (sebagai kalimat retorik). Kata 안녕 (annyeong) jika digunakan untuk mengobrol kepada teman, tidak hanya berarti Hai, namun juga bisa berarti Selamat tinggal atau sampai jumpa saat kita berpisah.


    Nah, jadi itu dia beberapa kalimat ucapan selamat pagi dalam bahasa korea yang bisa kalian gunakan. Semoga kalian paham dengan apa yang mimin tulis ya. Jika penjelasan mimin ada yang salah, kalian bisa mengoreksi dengan menghubungi kami di kolom contact. Kamsahammida, Annyeong.