Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Google Hangouts yang Belum Kamu Ketahui

    Apa Fungsi Hangouts?

    Google Hangouts adalah platform komunikasi dari Google. Lalu apa fungsi hangout?. Dengan Hangout ini, kalain tidak hanya dapat mengirim pesan ke pengguna lain secara online tetapi juga melakukan panggilan video, panggilan telepon, dan mengirim dokumen ke antar telepon. Seperti aplikasi rapat online lainnya, kalian dapat melakukan rapat atau menyelenggarakan konferensi web menggunakan Google Hangouts.

    Layanan ini merupakan gabungan dari layanan Google lainnya, beberapa di antaranya kini telah digantikan oleh Google Hangouts. Misalnya, Google Talk, dan bahkan bagian dari Google Voice diintegrasikan ke dalam aplikasi yang satu ini.

    Google Duo adalah alternatif Google Hangouts dan dirancang untuk grup yang lebih kecil. Jika kalian memiliki 12 orang atau kurang dalam panggilan 1 panggilan, gunakan Duo sebagai alternatif gantinya.

    Kalian dapat memulai percakapan dengan seseorang menggunakan nomor telepon atau alamat emailnya, atau nama mereka jika mereka sudah ada di daftar kontak kalian. Panggilan yang dilakukan dari Google Hangouts ke telepon asli menggunakan Google Voice, oleh karena itu, mungkin memerlukan pulsa telepon, yang mungkin bisa Anda dapatkan secara gratis langsung dari Google.

     

    Fitur dan Fungsi Google Hangouts

    Pada dasarnya, Google Hangouts adalah platform berkirim chat atau teks. Buka kontak, kemudian pilih kontak yang ingin dihubungi, dan kalian dapat langsung mulai mengirim pesan. Pesan chat langsung masuk ke akun Google Hangouts teman kalian secara cepat. Semacam WA gitu lah.

    DI tampilan halaman obrolan, terdapat tombol untuk memasukkan Emoji dan gambar dari komputer atau HP kalian. Kalian juga dapat dengan mudah mengirim video menggunakan fungsi pencarian video, serta sketsa dengan fitur menggambar mengggunakan sentuhan jari kalian.

    Untuk melakukan panggilan telepon, gunakan tombol yang sesuai di halaman obrolan untuk beralih ke panggilan. Kalian dapat memulai video call atau panggilan audio saja dari Google Hangouts. Untuk melakukannya, diperlukan plugin Hangouts.

    Hal lain yang dapat Kalian lakukan adalah mengirim pesan teks ke orang tersebut. Ini berfungsi seperti fitur SMS di ponsel kalian, tetapi hal ini juga bisa berfungsi dari komputer kalian, jika kalian menggunakan Hangouts di komputer kalian.

    Google Hangouts juga dapat digunakan dari komputer di situs web Google Hangouts. Karena berbasis browser, tidak masalah untuk mengundang pengguna Google lainnya untuk mengobrol atau menelepon. Kalian bahkan dapat menambahkan peserta lain selama obrolan teks atau panggilan video / audio saat sedang berlangsung.

    Kalian juga dapat menggunakan Google Hangouts dari perangkat seluler. Pengguna iPad dan iPhone dapat menggunakan Hangouts dari App Store, dan perangkat Android dapat menginstal Hangouts melalui Google Play. Jika kalian hanya tertarik untuk menelepon, kalian bisa menggunakan aplikasi Hangouts Dialer untuk Android.

    Berikut beberapa fitur Google Hangouts lainnya:

    • Pesan suara dari Google Voice disimpan di akun Anda.
    • Percakapan teks dapat memuat hingga 250 orang.
    • 25 orang bisa dalam satu obrolan video bersama.
    • Selama panggilan melalui versi desktop Google Hangouts, teks dapat dipindahkan ke samping sehingga video tetap di atas.
    • Dari aplikasi seluler, Anda dapat meminimalkan panggilan sehingga tetap terlihat di layar, tetapi juga mengirim pesan teks.
    • Pada versi seluler dan desktop, mikrofon dan / atau kamera dapat dinonaktifkan kapan saja selama panggilan tanpa mengakhiri sesi.
    • Jika Anda kesulitan untuk mengalami panggilan video Google Hangouts yang lancar dari komputer, Anda dapat menyesuaikan bandwith atau kualitas video yang keluar masuk. Anda juga dapat memaksa hanya audio yang masuk, terlepas dari apakah peserta sedang memutar video.
    • Link ke panggilan Google Hangouts dapat dibagikan dengan siapa saja yang ingin Anda tambahkan ke panggilan (mereka harus memiliki akun Google).
    • Anda dapat melakukan panggilan audio saja ke pengguna Google Hangouts lainnya dengan memulai video call terlebih dahulu, kemudian menonaktifkan bagian video tersebut.
    • Aplikasi Google Hangouts dapat mengirimkan lokasi pengguna saat ini.
    • Percakapan dapat difavoritkan melalui aplikasi seluler sehingga mereka yang difavoritkan akan berada di paling atas dalam daftar percakapan.

    Haruskah Menggunakan Hangouts?

    Google Hangouts adalah cara terbaik untuk melakukan panggilan telepon gratis menggunakan internet baik itu Panggilan video, maupun audio. Ini juga sangat mudah digunakan untuk mengirim pesan teks ke pengguna lain atau nomor telepon.

    Kebanyakan orang memiliki akun Google (seperti Gmail, YouTube, Google Drive, dll), sehingga sangat mungkin Anda dapat mengobrol dengan teman, keluarga, rekan kerja, atau siapa pun tanpa harus meyakinkan mereka untuk membuka akun pengguna baru . Yang harus mereka lakukan adalah masuk ke akun Google mereka.

    Kekurangan Google Hangouts

    Namun, meskipun ada beberapa fitur bagus tentang Google Hangouts, itu tidak mendukung beberapa hal yang didukung oleh layanan perpesanan lain. Misalnya, Skype memungkinkan Anda berbagi layar dengan orang lain sambil juga mengirim pesan melalui video dan teks.

    Kekurangan lain adalah bahwa Google Hangouts tidak setenar Skype atau layanan perpesanan lain seperti Facebook Messenger, Whatsapp, dan Snapchat. Meskipun banyak orang memiliki akun Google dan dapat menggunakan Google Hangouts dengan mudah dan menemukan pengguna di platform lain yang memiliki jumlah pengguna yang lebih besar.