Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Whatsapp Business Beserta Kelebihan dan Kekurangan

    WhatsApp Business adalah aplikasi perpesanan yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan klien, mitra, dan kolega Anda. WhatsApp Business sangat cocok untuk bisnis karena menawarkan fitur-fitur seperti obrolan grup, emoji khusus, dan pesan SMS/MMS gratis.

    Whatsapp bukan hanya untuk komunikasi pribadi

    ·        Whatsapp bukan hanya untuk komunikasi pribadi.

    ·        WhatsApp Business adalah perpanjangan dari Whatsapp yang memungkinkan Anda mengirim pesan, foto, dan video ke grup pengguna. Anda juga dapat mengirim catatan suara dalam pesan audio ke kontak Anda.

    ·        Ini adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan tim Anda jika mereka semua juga menggunakan WhatsApp, atau bahkan jika mereka menggunakan platform yang berbeda (seperti Skype).

    Apa itu Whatsapp Business?

    Whatsapp Business adalah cara gratis dan sederhana untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Whatsapp Business membantu Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda dan memberi mereka pengalaman yang lebih baik. Anda dapat menggunakannya untuk tujuan bisnis, seperti mengirim konten pemasaran atau melakukan panggilan untuk dukungan.

    Ini juga bagus untuk membangun merek Anda dengan membantu Anda terlibat dengan klien potensial melalui percakapan obrolan, yang dapat mengarahkan mereka untuk membeli dari Anda di masa depan.

    Mengapa menggunakan WhatsApp Business?

    ·        Mengapa menggunakan WhatsApp Business?

    WhatsApp adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Gratis dan mudah digunakan, tersedia di semua perangkat dan gawai, aman dan Anda dapat menjangkau lebih banyak orang sekaligus. Anda dapat mengirim pesan kepada pelanggan tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, berbagi penawaran khusus atau hanya menginformasikan kepada mereka tentang berita dari merek Anda.

    Cara membuat akun WhatsApp Business

    ·        Unduh aplikasi WhatsApp Business dari App Store atau Google Play.

    ·        Buat akun WhatsApp Business menggunakan alamat email dan kata sandi Anda, lalu verifikasi dengan memasukkan kode yang dikirimkan kepada Anda melalui SMS.

    ·        Tambahkan gambar profil (opsional) dan kategori bisnis (opsional). Jika Anda tidak menambahkan gambar apa pun, Anda dapat menggunakan gambar Anda sendiri serta beberapa gambar yang telah diatur sebelumnya yang tersedia di aplikasi.

    Cara buka akun WhatsApp Business

    Untuk membuka akun WhatsApp Business, Anda harus memiliki nomor telepon yang sudah ada dan dapat menerima pesan SMS dari aplikasi.

    Untuk membuat akun WhatsApp Business baru:

    ·        Klik "Pengaturan" di sudut kiri bawah layar mana pun.

    ·        Klik "Akun" di Pengaturan.

    ·        Pilih Tambah Akun di bagian bawah layar ini (atau pilih Buat Akun Baru jika tidak ada akun yang tercantum).

    Cara mengubah nama di WhatsApp Business

    Untuk mengubah nama Anda di WhatsApp Business, ikuti langkah-langkah berikut:

    Buka WhatsApp Business di telepon Anda. Buka Pengaturan dan ketuk Tentang. Klik Nama dan Gambar Profil di bilah sisi kiri halaman yang muncul. Ketuk Edit nama di layar berikutnya yang muncul (jika Anda tidak melihat opsi ini, klik Sesuaikan). Ubah nama baru Anda dengan mengetik atau menempelkannya ke bidang berlabel "Nama" di bawahnya yang bertuliskan "Nama Saat Ini." Ketuk Save (Simpan) setelah selesai mengedit!

    Cara mengubah profile picture di WhatsApp Business

    Untuk mengubah foto profil Anda di WhatsApp Business, ikuti langkah-langkah berikut:

    ·        Buka WhatsApp Business.

    ·        Klik foto profil Anda untuk membukanya di jendela tersendiri.

    ·        Klik ikon pensil yang terletak di sebelah bagian "Profil" pada daftar chat Anda dan pilih Edit Foto Profil dari menu yang muncul (ini akan membuka menu lain).

    ·        Pilih Simpan ketika Anda selesai mengedit foto Anda!

    Cara mengubah bio di WhatsApp Business

    ·        Buka WhatsApp Business.

    ·        Klik pada tiga titik di sudut kanan atas, lalu klik 'Edit'.

    ·        Klik 'Edit bio Anda'. Ketik bio baru untuk diri Anda sendiri menggunakan editor teks pilihan Anda (saya sarankan Notepad++) dan kemudian simpan dengan mengklik Simpan.

    Cara Setting kategori bisnis di WhatsApp Business

    Cara mengatur kategori di WhatsApp Business

    Untuk mengatur kategori bisnis Anda, ketuk tombol menu dan buka "Pengaturan". Kemudian ketuk "Kategori". Anda dapat mengubah kategori untuk semua pengguna atau hanya untuk Anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan kategori:

    ·        Ini membantu Anda mengelola percakapan secara lebih efisien dengan mengaturnya ke dalam folder berdasarkan topik umum atau jenis konten. Hal ini memudahkan orang yang hanya menginginkan jenis informasi tertentu untuk melihatnya (misalnya, jika Anda mencoba menjual sesuatu secara online).

    Kesimpulan

    Jika Anda mencari aplikasi perpesanan yang aman, pribadi, dan mudah digunakan, maka Whatsapp Business adalah solusi ideal. Aplikasi ini memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan pelanggan dan mitra mereka dengan cara yang aman, sederhana dan hemat biaya.