Belajar Basic Gitar Fingerstyle Untuk Pemula

Untuk temen-temen yang ingin belajar teknik gitar fingerstyle secara otodidak. Saya akan memberikan sedikit dasar atau basic pola fingerstyle, khusus untuk kalian yang baru belajar fingerstyle.

Kalian pasti tahu kan, Youtuber Sungha Jung, Alexander Misko, atau bahkan yang sedang viral Alip_Ba_Ta. Ya mereka adalah 3 dari sekian banyak gitaris fingerstyle yang skillnya tuh keren banget, setuju kan?. Nah di sini saya tidak akan mengajarkan kalian biar bisa jago seperti mereka ya. Saya cuma ingin berbagi basic atau dasar dari permainan fingerstyle untuk pemula.

belajar gitar fingerstyle untuk pemula


Apa itu fingerstyle?


Menurut WikipediaGitar Fingerstyle adalah teknik bermain gitar dengan memetik senar secara langsung dengan ujung jari, kuku, atau picks yang melekat pada jari, sebagai lawan dari memetik pipih (memetik not individu dengan satu plectrum tunggal, yang biasa disebut "pick").
Atau cara mudahnya, bermain gitar dengan memadukan melodi, bass , rhythm lagu secara harmonis.

Sebelumnya saya sarankan temen-temen agar belajar terlebih dahulu chord-chord dasar pada gitar, karena itu merupakan basic paling dasar seseorang dalam bermain gitar. Baru, jika temen-temen sudah lancar memainkan dan berpindah dari chord satu ke yang lain, lanjut ke teknik fingerstyle. Dalam mencari melody, bass, dan rhythm pada fingerstyle, ada 2 cara yaitu :

1. Membaca Tablature / Tab

Tablature adalah panduan atau petunjuk dimana kita memetik senar gitar. Ya, hampir sama dengan not balok, tab adalah not balok versi gitar. Tab biasanya dibuat oleh pencipta lagu, atau orang lain. Ini adalah contoh tab gitar



Cara membaca tab gitar fingerstyle


2. Dengan mencari sendiri


Mencari melody, bass, dan rhythm dengan mengandalkan feeling dan chord dasar memang agak sedikit sulit bagi seorang pemula yang ingin belajar fingerstyle. Jadi saya sarankan untuk pemula baca dulu tab, baru nanti kalo sudah lancar 2 atau 3 lagu, coba deh, cari fingerstyle suatu lagu sendiri.
Cara mencari melody, rhythm, bass fingerstyle

Posisi jari tangan kanan yang baik saat memetik senar gitar adalah sebagai berikut
  1. Jempol memetik bass (senar 4, 5, 6), dengan posisi paling depan (posisi1) di antara jari lainya
  2. Jari telunjuk biasanya berada pada posisi di belakang jempol (posisi2) di senar 3
  3. Jari tengah berada pada posisi di belakang jari telunjuk (posisi3), yakni pada senar 2
  4. Jari manis berada pada posisi di belakang jari tengah (posisi4), yakni senar no 1
  5. Lalu, kelingking sebagai penyangga pada body gitar agar tangan dan posisi jari lainya tidak berubah / geser.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut ini


Mungkin untuk seorang pemula, pasti sulit memetik senar menggunakan 4 atau bahkan 5 jari sekaligus. Saya dulu juga begitu. Kalau memang masih sulit, pakai Ibu jari (jempol) dan telunjuk saja tidak apa-apa. Baru nanti jika sudah mahir, tambahkan jari tengah, lalu jari manis, dan kalau bisa kelingking juga ikut memetik. Jika kita hanya mengandalkan Ibu jari dan telunjuk saja, nanti temen-temen akan kesusahan saat memainkan beberapa lagu yang mengharuskan jari memetik senar 1, 2, 3 secara bergantian ataupun bersamaan. 

Gimana temen-temen, memang belajar fingerstyle sebenarnya mudah kalau kita tahu dasarnya, dan tahu tekniknya. Tetap semangat belajar gitarnya ya.

Mungkin itu dulu artikel mengenai Belajar Fingerstyle Gitar Pemula. Mohon maaf bila penjelasan saya kurang bisa dimengerti, saya hanya mencoba membagikan sedikit pengalaman saya dalam belajar teknik fingerstyle ini secara otodidak. 
Sekian Terimakasih :)

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G

Chord Gitar Iwan Fals - Bento Kunci C, G, dan Em (Mudah)