Cara Membaca Tab Gitar Fingerstyle Bagi Pemula

Tab atau tabulus, atau tablature merupakan simbol berupa angka yang terdapat pada garis-garis yang merupakan garis senar pada gitar.Di sini kita akan belajar membaca tab gitar secara singkat, jelas, dan mudah dipahami.


cara membaca tab gitar fingerstyle untuk pemula

Sesuai judul di atas, Kita akan belajar cara membaca atau mengaplikasikan tab pada gitar. Sebenarnya saya dulu belajar fingerstyle tidak membaca Tab, tapi melihat video dari para gitaris fingerstyle, lalu memutarnya secara pelan dan berulang. Kalian juga bisa melakukan hal tersebut. Jika kalian sudah bisa membaca tab dan memainkan banyak lagu dengan teknik fingerstyle, saya sarankan agar kalian tidak terus membaca tab, tapi mencari sendiri melodi, bass, dan rhythm agar kalian bisa membuat aransemen sendiri dan kemampuan kalian berkembang. Baca juga Cara mencari melodi, rhythm, dab bass fingerstyle

Perhatikan contoh tab berikut!
Contoh tab di atas sudah saya beri sedikit atribut penjelasan, jadi tab yang sesungguhnya tidak seramai itu isinya.
Contoh di atas adalah lagu dengan birama 4/4 alias dalam 1 birama terdapat 4 ketukan. 1 ketukan bernilai 1 (lihat angka di bagian atas) nilai inilah yang menentukan panjang dari sebuah not dibunyikan. Misal panjang not dengan nilai 1 lebih panjang dengan nit yang bernilai ½.

Nah, lanjut ke angka pada senar gitar. dalam sebuah tab, terdiri dari 6 garis dari atas kebawah, yang mana itu mewakili ke 6 senar pada gitar. Namun, garis yang paling atas merupakan senar pada gitar yang paling bawah, dan garis yang paling bawah merupakan senar gitar yang paling atas (senar bass).

Angka pada senar gitar adalah senar yang kita tekan pada fretboard, misal pada senar 1(garis paling atas) terdapat angka 3, maka kita tekan pada senar 1 fret 3. Jika dalam 1 kolom terdapat 2 angka pada senar yang berbeda, berarti kita tekan dan petik ke 2 senar secara bersamaan. Jika angka pada garis adalah 0, maka senar tidak perlu ditekan, cukup dipetik saja.
Baca tab dari kiri ke kanan, dengan panjang not yang saya sudah jelaskan di atas.

Bagaimana? mudah bukan hehehe. Demikian artikel mengenai Cara Membaca Tab Gitar Fingerstyle.
Baca juga 2 tab lagu mudah belajar fingerstyle gitar pemula. Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G

Chord Gitar Iwan Fals - Bento Kunci C, G, dan Em (Mudah)