Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Tohpati Ario Hutomo : Gitaris Legend Asal Denpasar Bali

    Profil dan Biodata Tohpati

    Nama lahir : Tohpati Ario Hutomo
    Tanggal : Lahir 25 Juli 1971
    Pekerjaan : Gitaris, musisi
    Instrumen : Gitar
    Tahun aktif : 1993 - sekarang
    Agama : Islam
    Situs resmi : www.tohpati.com

    Profil Tohpati Ario Hutomo : Gitaris Legend Asal Denpasar Bali

    Tohpati Ario Hutomo atau yang biasa dipanggil Tohpati lahir di Jakarta, 25 Juli 1971. Dia merupakan seorang musisi dan penulis lagu Indonesia. Tohpati merupakan salah satu dari gitaris jazz Indonesia yang terkenal. Terbukti dari seringnya ia tampil di acara TV bersama penyanyi-penyanyi pop seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Rossa, Chrisye, dan lain-lain.

    Banyak karya-karyanya yang memadukan unsur-unsur kebudayaan tradisional yang sejalan dengan usahanya untuk memadukan unsur modern dan unsur tradisional Indonesia melalui karya-karyanya. Alasan kenapa dia tertarik dengan musik jazz, karena dipengaruhi oleh musisi Pat Metheny.

    Karir Tohpati

    Sejak ia masih remaja, ia bahkan sudah sering tampil di panggung-panggung di sekitar Jakarta. Ia pun pernah menyabet gelar Gitaris Terbaik dalam Festival Band se-DKI tahun 1985 saat usianya baru genap 14 tahun. Lalu pada tahun 1989 Tohpati terpilih menjadi Gitaris Terbaik festival Band se-Jawa. Dan di tahun yang sama, ia juga menyabet gelar Gitaris Terbaik pada Yamaha Band Explosion tingkat Nasional.

    Pada tahun 1993, ia bergabung dalam grup "Simak Dialog" yang beranggotakan Riza Arshad, Arie Ayunir, dan Indro Hardjodikoro. Nama Indro Hardjodikoro inilah yang kemudian menjadi orang yang paling sering bermain bersamanya di mana-mana. Bersama grup "Simak Dialog" ia telah sukses merilis tiga album yaitu : Lukisan, Baur, dan Trance / Mission.

    Pada tahun 1998, Tohpati akhirnya merilis album solo perdananya. Dalam album perdananya ini ia mengundang beberapa penyanyi seperti Shakila dan Glenn Fredly yang beberapa waktu sebelumnya baru mulai meroket namanya bersama grup "Funk Section".

    Guna mempopulerkan albumnya perdananya, Tohpati merilis sebuah video clip lagu berjudul Lukisan Pagi yang dibawakan bersama Shakila. Lagu tersebut menjadi sangat populer pada masanya dan menjadi jawara di beberapa platform musik di tanah air.

    Album solo keduanya, Serampang Samba, justru lebih banyak menyajikan hits-hits instrumental. Berbeda dengan album sebelumnya, kali ini Tohpati hanya merilis video clip lagu Jejak Langkah Yang Kau Tinggal yang dibawakan bersama Glenn Fredly.

    Serampang Samba juga mengusung lebih banyak musik-musik tradisional Indonesia dengan olahan permainan gitar akustik dan elemen-elemen musik Bali. Bisa dibilang album kedua ini lebih matang jika dibandingkan dengan album sebelumnya.

    Trisum

    Trisum adalah sebuah grup yang awalnya terbentuk pada tahun 2004 di mana Tohpati, Dewa Budjana, dan Balawan tampil sepanggung dalam sebuah acara peluncuran produk. Setahun kemudian mereka bertiga perform di sebuah acara pagelaran Java Jazz Festival dan ternyata mendapat sambutan yang baik dari penonton. Mereka bertiga pun tampil sepanggung dalam konser bertajuk Dialog Tiga Gitar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM) akhir tahun 2005. Di konser inilah nama ketiga gitaris handal ini semakin dikenal luas oleh masyarakat, di mana mereka pun melanjutkan roadshow ke berbagai kota di Indonesia.!