5 Gitaris Terbaik Indonesia yang Diakui Dunia Versi Nadagitar

Indonesia sebenarnya adalah gudangnya orang-orang berbakat. Berikut ini adalah 5 gitaris terhebat dari Indonesia yang mendunia karena skillnya saat bermain gitar, baik di panggung maupun di Internet, seperti YouTube. Langsung saja masuk ke gitaris nomor 1 di Indonesia di tahun 2020 ini.

1. Alip_Ba_Ta

Alip Ba Ta Gitaris Terbaik Indonesia yang Diakui Dunia

tahun 2018 - 2020 kini, dunia dikagumkan dengan munculnya seorang gitaris baru dengan teknik fingerstylenya yang unik dan mencuri perhatian. Dengan background di tiap videonya yang hampir semuanya sama, kalian tahu sendiri lah.

Pria bernama asli Alif Gustakhiat ini terbilang seorang gitaris youtuber yang tertutup, karena di setiap videonya dia hampir tidak pernah bicara (kecuali cover lagu). Dia hanya membuat 1 akun platform media sosial saja, yakni YouTube, tidak ada facebook, IG, dan lainnya. Komentar YouTube nya pun dimatikan. Tapi, karena skill permainan gitarnya yang luar biasa penonton dan subscribers channel YouTubenya terus bertambah seiring waktu berjalan.

Sebelumnya channel YouTube Alip ba ta masih membuka kolom komentarnya, dan video-videonya dibanjiri komentar-komentar positif dari berbagai pengguna YouTube di dunia, bahkan beberapa musisi dan gitaris ternama pun turut memuji melalui kolom komentarnya, seperti Addie M.S., Alexandr Misko, Igor Presnyakov, Synyster gate, bahkan Queen.

Alif juga merilis 1 Single Instrumen gitarnya dengan judul "Bumiku Tak Lagi Ramah" yang merupakan sebuah single yang terinspirasi karena pada waktu itu, sempat terjadi beberapa bencana gempa bumi di tanah air kita.

2. Dewa Budjana

Dewa Budjana Gitaris Terbaik Indonesia yang Diakui Dunia

Dewa Bujana merupakan seorang gitaris band GIGI yang terbentuk pada tahun 1994. Ia bernama asli I Dewa Gede Budjana . Kepiawaian dalam memainkan gitar diakui dunia internasional. 8 album berskala internasional telah sukses ia rilis.

Semangat dan Kecintaannya dalam musik, terutama gitar, telah sangat berbunga sejak ia masih di sekolah dasar di Klungkung, Bali . Guru pertamanya dulu adalah seorang pekerja bangunan yang tinggal di dekatnya. Budjana bahkan pernah mencuri uang dari neneknya untuk membeli gitar pertamanya seharga 10.000 rupiah pada saat itu.

Dia menomor satukan musik dan gitar dalam hidupnya, dan mulai belajar sendiri dengan memainkan lagu-lagu rock. Dia menjadi lebih bersemangat dalam mempelajari tentang musik, terbukti ketika Budjana pindah ke Surabaya, Jawa Timur, di mana dia masuk ke kelas musik klasik, tampil dengan sebuah band dan berpartisipasi dalam banyak acara pertunjukan musik.

3. Balawan

Balawan Gitaris Terbaik Indonesia yang Diakui Dunia

I Wayan Balawan (lahir di Gianyar, Bali, 9 September 1973) adalah pemusik Jazz Indonesia. Balawan adalah seorang gitaris Jazz yang nama mencuat dan semakin difavoritkan di Indonesia dengan teknik bermain gitar Touch Tapping Style. Balawan membentuk Batuan Ethnic Fusion yang mengusung eksplorasi musik tradisional Bali.

Balawan juga merupakan salah satu anggota dari grup Trisum, yang merupakan grupnya bersama dengan Dewa Budjana, dan Tohpati. Grup yang beranggotakan 3 gitaris hebat Indonesia yang menjunjung budaya bali.

4. Jubing Kristianto

Jubing Kristianto Gitaris Terbaik Indonesia yang Diakui Dunia

Jubing Kristianto merupakan gitaris klasik sekaligus fingerstyle Indonesia yang dikenal mampu menghadirkan beragam suasana dan emosi lewat petikan gitarnya.

6 album solo gitar akustiknya telah sukses rilis yaitu : Becak Fantasy (2007), Hujan Fantasy (2008), Delman Fantasy (2009), Kaki Langit (2011), Pagi Putih (2015), dan Kasmaran (2018). Album-albumnya mendapat beragam pujian dari pendengar dan pengamat musik, di antaranya tiga nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI).

Sebagai gitaris yang handal, Jubing telah tampil di berbagai acara di dalam dan luar negeri.. pekerjaannya selain menjadi seorang gitaris profesional adalah produser musik, menjadi seminator dan penguji, juri berbagai lomba musik, pembicara di berbagai institusi, serta pengisi musik untuk acara TV maupun film dokumenter.  Ia juga menulis Buku Gitarpedia: Buku Pintar Gitaris (2005) dan Membongkar Rahasia Chord Gitar (2007). Keduanya diterbitkan melalui Gramedia Pustaka Utama.

Semasa menjadi siswa di Yamaha musik, Jubing sudah 4 kali menjadi juara 1 Yamaha Festival Gitar Indonesia tahun 1987, 1992, 1994, dan 1995. Sebelumnya ia juga pernah meraih Distinguished Award pada Yamaha South-East Asian Guitar Festival 1984 di Hongkong.

5. Josephine Alexandra

Josephine Alexandra Gitaris Terbaik Indonesia yang Diakui Dunia

Josephine yang lahir pada 2 Mei 2001 ini sangat mahir dalam fingerstyle guitar. Video Cover lagu 'Alone' dari Alan Walkernya bahkan sudah ditonton lebih dari lima juta kali di kanal YouTube nya. Video cover lainya seperti On My Way, Memories, dan Bohemian Rhapsody juga mendapat banyak view di Channel YT nya.

Mungkin karena video covernya yang rata-rata memang lagu barat, jadi isi kolom komentar YouTubenya pun kebanyakan justru dari pengguna YouTube dari berbagai belahan dunia. Seperti Alip Ba Ta yang terkenal di belahan dunia melalui platform YouTube, Josephine juga mendapat komentar-komentar yang baik dari penggemarnya di channel Youtubenya.

Tak hanya cantik dan pandai memainkan gitar dengan teknik fingerstyle, Dia juga pandai memainkan alat-alat musik lainnya sepersi piano, bass, dan saxophone.

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Member BTS Lengkap (Nama, Agama, Tinggi, dan Fakta)

Profil dan Biodata Anggota BLACKPINK (nama asli, usia, agama)

Chord Gitar Suket Teki - Didi Kempot Kunci C dan G