Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidupkan Hp Xiaomi Yang Mati Total Baterai Tanam

    Kalian pengguna Xiaomi series, lalu tiba-tiba HP Xiaomi tidak mau nyala? apakah benar mati total?. Tenang di bawah ini kami akan menjelaskan solusi HP Xiaomi tidak bisa nyala.

    HP xiaomi mati total

    Penyebab Handphone Xiaomi Tidak Mau Nyala

    Untuk beberapa kasus ada banyak penyebab hal-hal seperti ini bisa terjadi. Misalnya, karena Overheating bermain game, HP dicas semalaman hingga pagi, HP jatuh, HP terlanjur kehabisan baterai, atau bahkan HP yang dengan penggunaan normal pun bisa mengalami tidak mau nyala.

    Untuk kasus HP jatuh, dan overheating karena bermain game, biasanya terjadi kerusakan hardware di dalamnya, bisa ada kabel/solderan yang terlepas. Atau bisa saja hardware aman. Jika dengan cara-cara di bawah ini ternyata HP kalian masih bisa hidup, berarti tidak terjadi suatu kerusakan didalam Handphone kalian.

    Ciri-ciri HP Xiaomi Mati Total

    Benarkah HP kalian mati total? Apakah saat kalian menghidupkan HP kalian tidak terjadi getar? dan saat HP kalian di-charge tidak bereaksi?. Jika iya, berarti benar HP kalian mati total. Di bawah ini merupakan cara untuk mengatasi hp yang mati total.

    Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tiba-tiba Mati Total

    Lepas Baterai HP

    Jika HP xiaomi kalian bukan HP seri terbaru, alias bukan baterai tanam, mungkin akan mudah untuk kalian membuka backdoor, dan melepas baterainya. Namun jika HP kalian merupakan HP Xiaomi terbaru, kalian mungkin akan kesulitan dan ribet saat melepas baterai tanam tersebut. 

    • Untuk membuka backdoor HP Xiaomi baterai tanam, diperlukan sebuah obeng kecil khusus untuk HP. 
    • Kalian lepas semua obeng pada backdoornya, kemudian buka pinggiran HP tersebut, bisa menggunakan kuku, atau benda tipis lainnya. 
    • Lalu setelah backdoor terbuka, lepaskan konektor baterai ke HP selama sekitar 5 menit. 
    • Lalu pasang kembali konektor baterainya, lalu coba hidupkan HP kalian. 
    • Jika HP kalian nyala, selamat kalian berhasil.

    Kasus seperti itu sering sekali terjadi karena mesin yang nge-hang. Bisa terjadi karena HP di cas semalaman, HP yang digunakan secara berlebihan atau terlalu dipaksakan, HP yang terus digunakan tanpa adanya jeda waktu istirahat. Solusi untuk menghindari hal tersebut adalah matikan (power off) HP secara rutin, minimal 1 minggu sekali selama 30 menit. Ini akan mengistirahatkan HP dan baterai kita agar lebih sehat dan awet.

    Ganti Charger dan Baterai

    Jika HP kalian kehabisan baterai tentu hal tersebut akan membuat HP kalian mati, dan solusi agar hidup kembali adalah dengan men-charge HP xiaomi kalian. Nah jika HP kalian tak kunjung hidup atau tidak merespon, bisa juga ini ada masalah pada charger kalian sob. Jika kalian mengganti charger namun tetap tidak mau nyala, berarti masaah terjadi pada baterai kalian.

    Cara Cek Kondisi Baterai HP

    Apakah baterai kalian rusak? kalian bisa mengecek keadaan baterai kalian menggunkan Avo meter, atau sejenisnya. 

    • Buka backdorr HP, kemudian lepaskan konektor baterai dengan HP. 
    • Sambungkan baterai dengan Avo meter. 
    • Jika saat sumbu (+) dan (-) di sambungkan tidak terjadi pergerakan indikator, berati baterai HP kalian memang perlu diganti guys.

    Cara Mengatasi HP Xiaomi Cuma Muncul Logo atau Getar

    Handphone yang ketika dihidupkan dia hanya muncul logo, itu merupakan kasus bootloop. Apa itu bootloop? bagaimana HP bisa bootloop? bagaimana cara mengatasi bootloop?. Tenang guys kita akan bahas semuanya kok.

    Penyebab HP Bootloop

    Hp Bootloop bisa terjadi karena kesalahan file sistem, ini sering terjadi ketika kita salah mengutak-atik file sistem. Lalu ketika kita mencoba mengganti Custom Rom HP namun ternyata Custom ROM tidak cocok dengan hardware handphone kita, ini bisa menyebabkan bootloop atau lebih parahnya hardbrick (mati total) karena kerusakan eMMC. 

    Dan terkadang juga, ada beberapa kasus HP yang bahkan tidak pernah diroot namun tiba-tiba bootloop. Itu kadang terjadi saat memori internal HP yang sudah terlalu penuh, dan kalian membiarkan terus-menerus. Tentu space penyimpanan untuk sistem bekerja jadi tidak ada. Cara mengatasi HP Xiaomi yang bootloop kalian harus melakukan flashing pada HP tersebut.

    Catatan : Jika kalian kurang pengalaman dalam membuka backdoor HP, khusunya HP dengan baterai tanam, atau kalain tidak pernah melakukan flash sebuah HP, aku anjurkan untuk membawa HP kalian ke tukang service atau konter. Agara HP kalian ditangani dengan benar dan bisa kembali hidup.

    Kesimpulan

    Gunakan HP kalian dengan menganggapnya seperti mahluk hidup, beri HP kalian waktu untuk beristirahat, jangan gunakan HP kalian terlalu berat seperti bermain game tanpa berhenti. Jika HP kalian sudah dalam kondisi bootloop atau mati total, kalian bisa praktikan cara-cara di atas, atau jika kalian tidak yakin, kalian bisa minta tolong ke teman kalian yang lebih berpengalaman, atau bisa membawa HP kalian ke konter atau tukang service HP.