Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Kuota Lokal dan Utama Indosat Tidak Bisa Digunakan

    Kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan. Ada beberapa alasan mengapa kuota lokal indosat, maupun kuota utama indosat tidak bisa digunakan. Pada artikel kali ini kita akan bahas dan kupas tuntas alasan mengapa kuota zona im3 tidak bisa digunakan.

    kuota lokal indosat tidak bisa digunakan

    Kuota Lokal Indosat tidak bisa digunakan

    Mengapa hal ini bisa terjadi?. Perlu kalian ketahui, bahwa saat kalian membeli atau mengaktifkan paket atau kuota lokal indosat, maka operator akan mencatat dimana kota kalian berada. Sehingga kuota tersebut akan bersifat lokal alias hanya bisa digunakan di kota tempat kalian mendaftarkan paket tersebut.

    Jadi, jika kalian bepergian ke luar kota, maka kuota lokal tersebut tidak akan bisa digunakan. Dengan demikian, kalian hanya bisa menggunakan kuota utama saja untuk melakukan browsing Whatsapp, dan social media seperti Facebook dan instagram. Kesimpulannya adalah paket Freedom atau Freedom combo yang kalian daftarkan hanya bisa digunakan di kota yang sama saat kalian mendaftar.

     

    Sejatinya tidak masalah jika kalian tidak bisa menggunkan kuota lokal. Karena kuota tersebut hanyalah bonus kuota saat kalian membeli paket internet menggunakan provider indosat seperti paket Freedom Combo, Freedom Internet, dan paket intenet murah lainnya.

    Sebenarnya ada lagi bonus kuota yang diberikan indosat saat melekukan pembelian paket internet, seperti bonus kuota 4G, yang hanya bisa digunakan dengan jaringan 4G tentunya. Tentu bonus-bonus ini akan membuat customer indosat merasa puas.

    Jika kuota lokal sudah habis maka akan digunakan bonus 4G, kemudian jika bonus kuota 4G habis, maka akan digunakan kuota utamanya. Hal ini akan menghemat pengeluaran kita dalam membeli paket internet tentunya.

    Penyebab kuota zona im3 tidak bisa digunakan

    Penyebab kuota lokal tidak bisa dipakai ada beberapa penyebab yang menjadikan kamu tidak dapat menggunakan kuota zona antara lain yaitu :

    • Menggunakan kuota lokal diluar area yang telah ditentukan
    • Sisa kuota lokal telah habis
    • Jaringan internet hilang

     

    Kenapa kuota utama Indosat tidak bisa dipakai

    Selain soal lokasi, berlaku dan tidaknya bonus kuota lokal juga ditentukan oleh sejumlah faktor lain, misalnya tipe jaringan.

    Jadi, untuk cara mengatasi kuota lokal Indosat tidak bisa digunakan, saya sarankan Anda untuk mengikuti langkah-langkah registrasi paket  agar bisa menggunakan kuota lokal Indosat dengan tahapan sebagai berikut:

    • Cek apakah lokasi Anda memungkinkan untuk bisa menggunakan kuota lokal Indosat. Caranya bisa lewat menu *123# atau kirim SMS ke nomor 363.
    • Jika informasi dari Indosat menjelaskan bahwa kuota lokal kamu dapat digunakan, maka itu artinya area tempat tinggal Anda bisa menggunakan kuota bonus tersebut. Lanjutkan langkahnya berikut ini.
    • Silahkan Anda ubah setelan jaringan di ponsel Anda dari yang sebelumnya menggunakan 4G ke jaringan GSM, 2G, atau 3G (jangan menggunakan jaringan 4G).
    • Jika sudah di set ke jaringan GSM atau 3G, silahkan lakukan registrasi paket internet Indosat.
    • Setelah paket internet Anda aktif, silahkan gunakan untuk browsing atau download file. Pastikan Anda masih menggunakan jaringan 2G atau 3G.
    • Kemudian perhatikan, apakah kuota lokal terpotong. Jika sudah terpotong, maka Anda bisa mengaktifkan jaringan 4G lagi. Namun jika belum terpotong, silahkan restart ponsel Anda dan tetap internetan di jaringan 2G atau 3G sampai kuota lokal bisa terpakai.

    Itulah cara agar kita dapat menggunakan kuota lokal Indosat Ooredoo, karena meskipun area tempat tinggal kita mendukung penggunaan kuota lokal, tapi jika tanpa mengikuti tahapan diatas biasanya kuota lokal tetap tidak bisa digunakan.

     

    Kadang kendala juga datang melalui device atau HP kalian. Pastikan SIMCard kalian terbaca dengan baik di HP kalian. Dan pastikan juga HP kalian juga support atau mendukung jaringan 4G. Jika hal tersebut sudah dicek dan ternyata masih belum menemukan jalan keluar, atau masih belum berhasil, cobalah untuk merestart HP kalian. Karena hal-hal seperti ini juga sering saya dan teman-teman saya alami.

     

    Cara Cek Sisa Kuota Lokal Indosat

    Untuk mengetahui sisa kuota lokal indosat. Berikut ini merupakan cara cek sisa kuota lokal Indosat :

    • Ketik sms dengan format : USAGE kirim ke 363
    • Gunakan dial *123# untuk cek sisa kuota lokal indosat
    • Gunakan MyCare untuk cek sisa kuota lokal indosat

     

    Jadi itulah penjelasan penyebab kenapa kuota indosat im3 tidak bisa dipakai atau digunakan. Baik kuota utama, kuota lokal, maupun kuota bonus 4G. Semua penjelasan di atas tidak sepenuhnya berhasil, karena memang bisa saja terjadi kesalahan teknis dari sisi operator. Misalnya operator yang sedang maintenance, perbaikan tower, maupun kerusakan fisik dari simcard kalian.

    Untuk lebih jelasnya mengenai pertanyaan tersebut, kalian bisa langsung menghubungi customer service indosat untuk melaporkan masalah yang kalian terima saat menggunakan provider indosat. Kalian bisa langsung menghubungi lewat email ke cs@indosatooredoo.com. Email akan dibaca di jam kerja mereka.

     

    paket lokal im3 tidak bisa digunakan, cara mengatasi kuota lokal indosat tidak bisa digunakan, mengatasi kuota lokal indosat tidak bisa digunakan, kuota lokal im3 tidak bisa digunakan, kenapa kuota lokal indosat tidak bisa dipakai, kuota lokal im3 tidak bisa dipakai, kuota lokal indosat tidak bisa dipakai, mengapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan, cara mengatasi kuota lokal indosat tidak bisa dipakai, kenapa kuota lokal m3 tidak bisa dipakai, kuota lokal tidak bisa digunakan, kenapa kuota lokal tidak bisa digunakan indosat, mengapa kuota lokal im3 tidak bisa digunakan.


    kunjungi juga blog Warung IT