Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merubah Fungsi Tombol Home Di Android Tanpa Root

    Cara mengatur tombol pintasan di android

    Hal paling seru seputar Android adalah betapa mudah nya kita menggunakan dan bahkan mengoprek atau merubah tampilannya. Karena, tidak semua orang menyukai fungsi tombol pintasan bawaan dari HP tersebut. Dan salah satu keluhan paling umum adalah tombol beranda pada perangkat Samsung Galaxy lama. Kalian dapat membuat tombol beranda melakukan apa yang kalian inginkan, dari pada menggunakan yang diatur oleh pabrikan atau bawaan, yaitu menggunakan solusi berikut.


    Samsung, dan beberapa produsen lain, mulai membuang tombol home dan lainnya pada bagian bawah layar smartphone. Meskipun demikian, tombol beranda fisik masih memiliki banyak pengguna yang menyukainya, dan kami akan menunjukkan cara memaksimalkannya.

    Untuk tujuan demonstrasi, kami menggunakan Samsung Galaxy S7 di Android Nougat, meskipun seharusnya berfungsi pada sebagian besar ponsel yang memiliki tombol home fisik. Secara default, ketuk dua kali tombol beranda S7 membawa kalian ke pintasan kamera. Tetapi, untuk keperluan tutorial ini, kami ingin membuatnya meluncurkan Play Store. Pada perangkat Galaxy yang lebih lama, satu ketukan tombol fisik awal akan membawa kalian ke layar beranda, ketukan dua kali meluncurkan S Voice, dan tekan lama luncurkan Google Now atau Google Asisten.


    Pertama, kalian memerlukan aplikasi khusus dari Google Play Store, unduh dan instal di perangkat kalian. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan fungsi yang sama, tetapi untuk contoh ini, kami menggunakan Button Mapper: Remap your keys.


    Cara mengubah fungsi tombol beranda

    1. Saat kalian menjalankan Button Mapper, pertama-tama kalian akan disarankan untuk mengotorisasi aplikasi di Pengaturan kalian. Button Mapper akan dapat melihat aplikasi mana yang saat ini ada di layar kalian.
    2. Setelah otorisasi, kita akan dapat mengubah tombol Home dan Volume fisik untuk fungsi yang berbeda (opsi tambahan memerlukan versi berbayar). Dalam contoh ini, kita akan menyesuaikan apa yang terjadi dengan double tap.
    3. Merubah ulang tombolpintasan fisik memerlukan 4 langkah berikut. Pertama, pilih Tombol Beranda untuk melihat menu opsi penyesuaian. Pilih Double Tap.

    1. Selanjutnya, pilih apakah kalian ingin mengatur tombol double tap ke suatu tindakan, aplikasi, atau pintasan. Kita memilih Aplikasi dalam contoh ini.
    2. Kemudian kita disuruh memilih daftar aplikasi. Pilih Play Store. Sekarang double tap pada tombol fisik beranda kita akan membuka aplikasi Google Play Store.
    3. Jika kalian ingin kembali ke pengaturan sebelumnya, kalian dapat menghapus default aplikasi di Pengaturan.

    Sekamat kalian berhasil merubah fungsi tombol home di HP android kalian. kalian bisa mengkustom sendiri button remapper ini! Modifikasi keren apa lagi yang telah kalian lakukan pada HP android kalian? Beri tahu kami di komentar.