Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Keren Android yang Bisa Dilakukan Tanpa Root

    Banyak orang berpikir bahwa kita harus melakukan ROOT pada Android untuk mendapatkan hasil maksimal dalam memodifikasi smartphone kita. Banyak orang merasa ngeri-ngeri sedap, atau takut jika harus me-ROOT HP nya. Meskipun rooting memang membuka pintu atau jalan ke sistem android kita, ada banyak trik Android keren yang sebenarnya tidak membutuhkan proses root. Berikut adalah beberapa hal favorit ku dalam mengoprek atau memodifikasi android tanpa root.


    Kunci ponsel kalian dari jarak jauh

    Tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan ponsel. .Apalagi jika kehilangan HP, kemudian ada orang lain yang menemukannya lalu mengambil data kita seenaknya, sangat berbahaya memang. Tapi tahukah kalian? Kalian akan merasa menjadi seorang hacker jika kalian bisa menghentikan seseorang dari jauh yang akan mengambil data tersebut.

    Dengan menggunakan Android Device Manager (Pengelola Perangkat Android), kalian dapat mengambil kembali kendali atas perangkat kalian jika kalian kehilangannya. Kalian bahkan dapat menghapus semua datanya, jika memang itu perlu, keren sekali bukan.


    Bypass Kunci HP (di area tertentu)

    Menyiapkan lokasi tepercaya berarti, nantinya perangkat kalian tidak memerlukan kode keamanan saat kalian menggunakannya di tempat tersebut. Misalnya saat kalian berada di rumah, maka otomatis kunci akan dilewati (bypass). Ini adalah cara yang bagus untuk digunakan di rumah.

    Cara mengaturnya bervariasi sesuai dengan perangkat kalian, Kalian harus masuk ke pengaturan keamanan kalian dan menyiapkan metode buka kunci yang aman, seperti kode PIN, password, atau pola.

    Setelah pengaturan selesai, buka Smart Lock, masukkan nomor pin / pola kalian dan kemudian tekan Tempat tepercaya. Tambahkan lokasi tepercaya dan kalian tidak perlu lagi memasukkan kode PIN / pola untuk membuka kunci ponsel kalian saat berada di tempat itu.

    Cara Mengatasi HP Lupa Pola atau PIN


    Smartphone yang Otomatis

    Smartphone bisa menjadi lebih pintar! Jika kalian ingin perangkat kalian melakukan sesuatu tindakan otomatis, seperti mematikan data seluler dan menghubungkan ke Wi-Fi saat kalian memasuki rumah, itu bisa loh dilakukan tanpa rooting perangkat kalian.

    Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kalian membuat beberapa perintah otomatis. Aplikasi tersebut akan mendeteksi trigger, kemudian bekerja otomatis. Pemicunya adalah sebuah kejadian, yang menyebabkan aksi berjalan saat terdeteksi. Misalnya, mengalihkan ponsel ke mode diam saat kalian memasuki kantor. Ada juga kendala, yang membatasi kapan tindakan dapat dijalankan. Misalnya, jika kalian tinggal dekat dengan kantor kalian, kalian bisa mengkonfigurasi pengaturannya, sehingga telepon kalian tetap diam hanya selama jam kerja.

    Ada banyak aplikasi otomatisasi, tetapi semuanya menawarkan fungsionalitas dan opsi yang berbeda. Untuk pemula, kami sarankan untuk mencoba MacroDroid terlebih dahulu. Aplikasi ini memiliki tampilan minimalis yang mudah digunakan dan gratis. Atau kalian juga bisa mencoba IFTTT dan Tasker.


    Manfaatkan opsi pengembang

    Kumpulan engaturan paling canggih yang dapat kalian miliki tanpa me-rooting perangkat Android kalian disembunyikan di menu Opsi Pengembang. Jika kalian mengaktifkannya, kalian kemudian dapat mengubah kecepatan animasi sistem, membatasi aplikasi latar belakang, memalsukan lokasi kalian, dan banyak lagi.

    Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan> Tentang ponsel. Scroll ke bawah ke Build number dan ketuk tujuh kali berturut-turut. kalian sekarang seharusnya menjadi pengembang. Saat kalian membuka kembali menu pengaturan, kalian akan menemukan Opsi Pengembang di suatu tempat di atas Tentang telepon. Setelah itu, kalian dapat memeriksa panduan tips dan trik lengkap kami untuk memaksimalkan Opsi Pengembang.

    Tips dan trik Opsi Pengembang


    Rekam panggilan suara

    Apakah kalian membayangkan bekerja di kepolisian sebagai mata-mata yang bertugas merekam percakapan telepon tanpa diketahui orang lain? Jika Iya, ya, semoga aku doakan mimpi tersebut bisa terwujud, tetapi jika kalian memang ingin merekam percakapan karena sebuah alasan, kalian dapat melakukannya dengan benar menggunakan aplikasi yang tepat. Banyak aplikasi perekam panggilan Android mengharuskan kalian untuk melakukan root pada ponsel kalian, tetapi ada beberapa yang tidak.

    Automatic Call Recorder adalah aplikasi gratis yang mudah digunakan, yang memungkinkan kalian mengatur rekaman suara pada perangkat kalian. Aplikasi panggilan bawaan HP kalian mungkin telah memblokir rekaman panggilan di ponsel kalian, tetapi aplikasi Automatic Call Recorder ini memiliki beberapa opsi untuk mengatasi pemblokiran tersebut.



    Instal Linux di perangkat Android kalian

    Menjalankan sistem operasi desktop yang berfungsi penuh, seperti Linux Debian, di ponsel Android kalian mungkin terdengar seolah-olah membutuhkan keterampilan hacker tingkat tinggi, tetapi sebenarnya sangat sederhana dan gampang banget. Ada aplikasi Debian, Debian noroot, di Play Store, yang dapat kalian unduh secara gratis, lalu buka dari layar beranda Android kalian seperti aplikasi lainnya.

    Setelah kalian membukanya, kalian dapat mengunduh dan menginstal program untuk Debian seperti yang kalian lakukan pada versi Linux sebenarnya. Klik di bawah untuk panduan lengkap tentang cara menginstal dan mengatur Linux untuk perangkat Android kalian.

    Ubah perangkat Android kalian menjadi PC Linux


    Ubah tombol navigasi kalian menjadi pintasan aplikasi

    Dengan menggunakan aplikasi khusus, kalian dapat merubah berbagai pintasan ke tombol navigasi kalian, memungkinkan kalian mengakses aplikasi favorit kalian secara instan dari layar mana pun. Misalnya, aku menetapkan Manajer File agar bisa dibuka dengan mengetuk dua kali tombol beranda, sementara aku dapat membuka kamera dari layar mana pun dengan menahan tombol beranda ataupun navigasi kembali. Kalian bisa dapatkan aplikasi Button Mapper di Play Store.

    Klik di bawah untuk panduan lengkap tentang cara menggunakan aplikasi ini untuk langsung meluncurkan kamera ponsel kalian - atau aplikasi apa pun yang kalian suka.

    Cara Membuat Pintasan Aplikasi Menggunakan Tombol Navigasi


    Menurut kalian, dari poin di atas, manakah yang paling keren dan menjadi favorit kalian? atau kalian punya tips keren lainnya? Beri tahu kami di kolom komentar!

    Oh iya, jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman atau keluarga kalian ya, terima kasih.