Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat flowchart di Excel dengan mudah

    Microsoft Excel memiliki fitur yang memungkinkan Anda membuat flowchart langsung di dalam lembar bentang Excel Anda, tetapi akan memerlukan beberapa pemformatan awal dan penyesuaian manual untuk menerapkan bentuk dan teks Anda. Meskipun kami menyarankan untuk menghemat waktu dengan menggunakan Lucidchart (lewati ke bagian berikutnya untuk mempelajari caranya!), kami telah menguraikan langkah-langkah untuk membuat flowchart dari dalam Excel di bawah ini

     

    cara membuat flowchart di excell

    Cara buat flowchart di Excell

    1. Memformat kisi

    Menambahkan kisi ke Excel akan membuat pembuatan flowchart dan diagram sedikit lebih mudah, tetapi ketahuilah bahwa itu tidak diperlukan, terutama jika Anda berpengalaman di Excel. Dengan memformat kisi, Anda mengubah lebar kolom sehingga ukurannya sama dengan tinggi baris default, yang pada gilirannya akan membuat bentuk yang ditambahkan lebih seragam dan proporsional dengan benar.

     

    Untuk mengubah lebar kolom Anda, klik sel di sudut kiri atas untuk memilih semua sel di spreadsheet Anda. Klik kanan pada salah satu kolom yang disorot dan pilih "Lebar Kolom." Masukkan lebar baru di kotak dialog dan klik "OK."

     

    Lebar kolom default dan tinggi baris di Excel ditentukan oleh pilihan font Anda. Jika Anda menggunakan font Calibri ukuran 11, ubah lebar kolom menjadi 2,14 untuk memformat kisi. Untuk pilihan font lainnya, Anda harus memeriksa tinggi baris sebelum menyesuaikan lebar kolom. Untuk melakukan ini, klik kanan pada sebuah baris dan pilih "Row Height." Jangan ubah tinggi, cukup perhatikan ukurannya dan, ikuti langkah-langkah di atas, ubah lebar kolom agar sesuai.

     


    2. Aktifkan fitur penyelarasan jepret ke kisi/halaman

    Memilih "Snap to Grid" membuat ukuran bentuk flowchart berubah dan "snap" ke garis grid terdekat, menjaga ukuran tetap konsisten di seluruh bentuk. Jika Anda memilih "Snap to Shape," bentuk Anda akan menempel ke tepi bentuk terdekat lainnya dalam flowchart Anda.

     

    Untuk mengaktifkan salah satu fitur, buka Page Layout > Align > Snap to Grid (atau Snap to Shape).

     

    3. Sesuaikan tata letak halaman sesuai kebutuhan

    Sebelum membuat flowchart Anda, jalankan dengan cepat panduan pemformatan yang harus diikuti. Jika Anda berencana untuk mencetak flowchart atau mentransfernya ke Microsoft Word, misalnya, itu harus muat dalam satu halaman—Anda harus mengubah tata letak spreadsheet Anda.

     

    Beberapa elemen tata letak yang perlu dipertimbangkan adalah margin, orientasi halaman, dan ukuran. Semua ini dapat disesuaikan dari tab tata letak halaman.

     

    Berhati-hatilah saat mengubah Tema pada tab Tata Letak Halaman; itu tidak hanya mengubah font dan tema warna tetapi juga mengubah tinggi baris dan lebar kolom, yang pada gilirannya dapat mengubah jumlah bentuk yang sesuai pada halaman.

     

    4. Tambahkan Shape

    Ada dua cara untuk menambahkan bentuk ke flowchart di Excel: Anda bisa menggunakan SmartArt atau Bentuk di dalam tab sisipkan. Grafik SmartArt adalah kelompok bentuk yang dibuat sebelumnya dengan gaya dan logika yang dibangun di dalamnya. Bentuk adalah objek individual yang dapat ditambahkan ke spreadsheet dan diedit seperlunya. Anda dapat merujuk ke simbol flowchart dan panduan notasi kami untuk lebih mengenal bentuk flowchart yang paling umum digunakan.

     

    Menambahkan simbol melalui SmartArt di Excel

    Buka tab Sisipkan dan pilih SmartArt. Dialog akan muncul dan meminta Anda untuk memilih grafik SmartArt dari galeri. Kami menyarankan untuk memilih grafik dari dalam kategori "Proses" karena paling mirip dengan diagram flowchart standar, tetapi jangan merasa terbatas pada satu kategori saja. Pilih grafik yang sesuai dengan kebutuhan diagram Anda.

     

    Setelah Anda memilih grafik SmartArt yang ingin Anda sisipkan, pratinjau grafik flowchart tersebut akan muncul di panel kanan beserta penjelasan logikanya. Ingatlah bahwa tidak setiap opsi diklasifikasikan sebagai bentuk flowchart.

     


    Untuk mengganti diagram Anda dengan grafik SmartArt yang berbeda, pilih dan tekan "Hapus." Anda kemudian dapat mengklik Grafik SmartArt (Sisipkan > SmartArt) dan pilih tipe bagan yang berbeda. Jika Anda lebih suka mengubah tata letak grafik SmartArt, pilih bentuk dan pilih gaya baru dari tab Desain dalam menu Pita. Kapan saja, tata letak bagan SmartArt dapat diedit tanpa kehilangan teks apa pun.

     

    Lanjutkan untuk menambahkan bentuk flowchart dari tab desain dan hubungkan dengan garis hingga flowchart Anda siap. Anda mungkin menemukan bahwa tidak seperti perpustakaan bentuk Lucidchart yang luas dan fitur impor bentuk, beberapa Grafik SmartArt tidak mendukung penambahan bentuk tanpa batas. Bagi yang melakukannya, pilih bentuk yang paling dekat dengan tempat Anda ingin menambahkan bentuk baru. Anda mungkin perlu memilih seluruh bagan, bergantung pada jenis yang Anda sisipkan. Lalu pilih tindakan, seperti "Tambahkan Bentuk," dari tab desain.

     

    Menambahkan simbol melalui bentuk di Excel

    Anda juga dapat membuat flowchart di excel menggunakan alat bentuk. Untuk mengakses perpustakaan bentuk Excel, buka tab sisipkan dan klik "Bentuk." Sebuah galeri akan muncul dengan berbagai bentuk dasar termasuk garis, panah, dan bentuk geometris. Gulir ke bawah untuk menemukan bagian flowchart.

     

    Klik bentuk flowchart yang ingin Anda tambahkan, lalu seret bentuk ke ukuran pada lembar Excel. Anda dapat dengan mudah mengkliknya untuk mengubah ukuran atau memindahkan bentuk di mana saja pada dokumen.

     

    Terus tambahkan bentuk dan hubungkan dengan garis hingga Anda membuat flowchart.

     

    5. Tambahkan Teks

    Tambahkan teks ke flowchart Anda dengan mengklik simbol flowchart yang Anda tempatkan, lalu mulai mengetik. Di SmartArt, kotak teks dan ukuran font akan secara otomatis diubah ukurannya berdasarkan seberapa banyak teks yang Anda tambahkan.

     

    Edit teks Anda dengan memilih opsi font dari menu beranda Pita atau kotak dialog yang muncul di samping bentuk.

     

    flowchart di excel

    6. Tambahkan Garis

    Untuk menambahkan garis, navigasikan ke tab sisipkan, pilih "Bentuk", lalu klik gaya garis yang diinginkan untuk menghubungkan bentuk dengan garis. Klik dan seret pada spreadsheet untuk menggambar garis.

     

    7. Memformat Flowchart

    Setelah Anda memiliki bentuk, teks, dan garis flowchart di lembar Excel Anda, pita di bagian atas menawarkan opsi penyesuaian tambahan untuk warna, gaya, dan format. Bermain-main dengan garis dan bentuk Anda di dalam tab Sisipkan dan tingkatkan ketebalan garis, gaya font, warna, dan transparansi.