Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh dan Cara Legalisir Ijazah SD, SMP, dan SMA yang Benar

    Contoh Legalisir Ijazah - Tahukah kalian bahwa setelah kalian lulus dari sekolah, baik itu SD, SMP, SMA atau bahkan universitas, kalian harus melakukan legalisir atau legalisasi ijazah yang kalian punya. Lalu apasih arti dari legalisir atau legalisasi tersebut?. Yuk simak penjelasannya sebagai berikut.

    Contoh Legalisir Stempel Ijazah yang Benar, mulai dari SD, SMP, SMA dan Universitas. Kita semua tahu bahwa saat kita lulus sekolah kita semua akan mendapatkan surat keterangan tanda bahwa kita sudah lulus sekolah berupa ijazah. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara legalisir ijazah yang baik dan benar beserta contoh legalisir ijazahnya.

     

    Legalisir Ijazah

    Legalisir Ijazah Adalah?

    Legalisir merupakan proses pemberian stampel serta tanda tangan asli oleh seseorang yang berwenang pada lembar dokumen yang di-fotocopy. Dalam hal ini orang yang berwenang bisa Kepala Sekolah, Kepala Diknas atau dekan jika di Universitas. Lalu dokumen yang dimaksud tentu saja dalam kasus ini adalah ijazah.

     

    Cara Legalisir Ijazah SMA, SMP, SD, dan Universitas

    Jadi, jika kalian ingin melakukan proses legalisir fotocopy ijazah kalian, maka kalian bisa datang langsung ke sekolah atau universitas kalian.

    Selain itu, ada juga persyaratan yang mengharuskan kalian untuk melakukan proses legalisir ijazah Disdik. Makanya tidak jarang ada yang diminta untuk melakukan proses legalisir di Dinas Pendidikan.

    Perlu kalian ketahui bahwa proses legalisir ini tidak dikenakan biaya, jadi kalian tinggal datang ke sekolah kalian untuk melakukan legalisir ijazah. Lalu pertanyaan lain yang sering muncul adalah, apakah dokumen yang dilegalisir berlaku untuk sementara atau selamanya?

    Jawabannya adalah selamanya, jadi dokumen salinan atau fotocopy yang sudah dilegalisir bisa digunakan kapan pun selama tidak ada perubahan identitas, misal perubahan nama atau yang lainnya.


    Contoh Legalisir Ijazah yang Benar

    Contoh Legalisir Ijazah Universitas yang Benar

    Nah jika kalian penasaran dengan contoh dokumen ijazah universitas yang sudah dilegalisir seperti apa, ini dia penampakan dari salinan atau fotocopy ijazah universitas yang sudah dilegalisir.

    contoh legalisir ijazah Universitas

    Contoh Legalisir Ijazah SMA yang Benar

    Setelah tahu penampakan contoh legalisir ijazah universitas yang benar, sekarang kita bahas contoh salinan ijazah SMA yang sudah dilegalisir, ini dia contohnya :

    contoh legalisir ijazah SMA

    Contoh Legalisir Ijazah SMP yang Benar

    Lalu untuk contoh yang terakhir adalah contoh salinan ijazah SMP yang sudah dilegalisir. Buat kalian sudah penasaran seperti apa wujudnya, ini dia contohnya.

    contoh legalisir ijazah SMP
     

    Kewenangan Dinas Pendidikan Terkait Keabsahan Ijazah

    Setelah mengetahui contoh legalisir stempel ijazah di atas, informasi tambahan ini saya jamin tak kalah pentingnya. Perlu kalian tahu bahwa Diknas memiliki kewenangan penuh untuk memberikan pengesahan Fotokopi Ijazah/surat keterangan pengganti Ijazah yang bernilai sama dengan beberapa kondisi. Kondisi tersebut antara lain jika Ijazah jika kondisinya sekolah yang mengeluarkan Ijazah sudah tidak beroperasi lagi/ditutup. Lalu kondisi lainnya adalah Ijazah yang asli hilang/musnah.

    Berikut ini merupakan pelayanan yang berkaitan dengan Ijazah yang diberikan kepada masyarakat, diantaranya adalah:

    Pengesahan fotokopi Ijazah untuk SD, SMP, SMA/SMK bagi:

    1. Sekolah yang sudah tutup atau tidak beroperasi lagi
    2. Sekolah di mana pejabat yang berwenang untuk legalisir sedang tidak berada di tempat, maka akan langsung dilayani dengan membawa surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan
    3. Penerbitan surat keterangan pengganti Ijazah yang bernilai sama dengan Ijazah, untuk Program Paket A,B atau C
    4. Penerbitan surat keterangan pengganti Ijazah yang bernilai sama dengan Ijazah, untuk Ijazah yang hilang atau rusak

    Upaya Pemerintah dalam Mencegah Kejahatan Ijazah Palsu

    Pihak Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberlakukan peraturan pada pencari kerja untuk tidak perlu legalisir ijazah apabila hendak melamar pekerjaan. Peraturan tersebut sudah berlaku sejak 2017.

    Selain itu Kemristekdikti juga telah meluncurkan program pengecekan keaslian ijazah melalui daring. Program yang diberi nama Program Sistem Verifikasi Ijazah secara elektronik (SIVIL) dan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar mudah mengecek keabsahan ijazah mereka. Program ini bisa memberikan hasil dengan lebih cepat, tepat, dan tentunya akurat.

     

    Saran dari saya, buat kalian yang sudah melakukan legalisir pada dokumen penting kalian misalnya ijazah, kalian simpan baik-baik deh dokumen tersebut. Karena nantinya dokumen-dokumen ini akan sangat berguna dan dibutuhkan, terutama ijazah. Agar nantinya kalian tidak perlu lagi melakukan legalisir ulang jika kalian sudah menyimpan legalisir nya.

     

    Itulah penjelasan singkat yang bisa saya sampaikan mengenai contoh legalisir stempel ijazah yang benar. Tujuan penulisan artikel ini adalah menjawab pertanyaan bagi kalian yang belum tahu mengenai cara dan contoh legalisir ijazah SD, SMP, SMA, dan Universitas yang benar.

    Terima kasih sudah berkunjung dan membaca di blog ini, semoga bermanfaat.